Curup & Kepahiang

Warga Keluhkan Limbah RSUD Curup

CamkohaNews – Warga RT 3 RW 03 Kelurahan Dwi Tunggal Kota Curup, mengeluhkan pengelolaan limbah medis RSUD Curup yang dianggap telah mengganggu kenyamanan warga sekitar.

Seperti yang diungkapkan Ibu As Nelson Sitompul, selama ini warga sekitar terpaksa hidup dengan menghirup bau tak sedap, yang diduga berasal dari limbah medis RSUD Curup.

“Baunya itu yang kami tidak tahan dan jujur saja sangat menganggu. Apalagi kalau hari hujan, ¬†sehingga membuat kami tidak betah tinggal di rumah sendiri,” tutur Ibus As.

Menurutnya warga setempat telah beberapa kali melaporkan keluhan ini kepada pihak RSUD maupun ke Dinas Kesehatan, namun tetap tidak ditanggapi.

“Lah sering pulo kami melapor, tapi tulah tidak pernah ada tanggapan, jadi ya percuma saja,” sesal wanita paruhbaya ini.

Sementara itu, Ketua RT 03 Kelurahan Dwi Tunggal, Basuki Larasanto, membenarkan keluhan warganya tersebut, terkiat keberadaan aroma busuk yang diduga berasal dari limbah RSUD Curup.

“Memang sudah banyak warga yang mengeluhkan, tapi selama ini tidak ada tanggapan dari pihak Rumah Sakit,” ujar Basuki.

Sementara itu Direktur RSUD Curup, Asep Setia Budi, mengklaim saat ini pihaknya tengah mempersiapkan kerjasama dengan pihak ketiga terkait pengolaan limbah yang mengundang berbagai komplain dari masyarakat tersebut.

“Kita akan pihak ketigakan, dan pihak ketiga itulah yang akan mengelola limbah nantinya,” jawab singkat Asep.

Nico Relius

Most Popular

To Top