Politik

Tinggal 4 Menit, Berkas PSI Nyaris Ditolak!

CamkohaNews – Dari 16 parpol peserta pemilu 2019, hanya Partai Solidaritas Indonesia (PSI) salah satu partai baru yang nyaris ditolak KPU Seluma, karena baru muncul Selasa malam (17/7) pukul 23.56 wib dan diterima KPU Seluma.

Ketua DPD PSI Kabupaten Seluma Agung Wahyudi mengaku keterlambatan ini dikarenakan adanya gangguan jaringan internet, untuk mengecek silon yang diusung. Selain itu, karena banyaknya Bacaleg yang menyusul baru mendaftar.

“Keterlambatan ini karena jaringan internet di markas kami, dan banyak yang baru menyusul mendaftar,” terang Agung.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Seluma Sarjan Efendi mengatakan meski berkas telah diterimanya, namun rata-rata belum melengkapi persyaratan.

Sama dengan partai lainnya, verifikasi berkas final akan diketahui setelah dilakukan pemeriksaan ulang berkas bacalegnya, hingga Rabu (18/7) sore selama jam kerja selesai pukul 16.00 wib.

“Sore ini (red. Rabu, 18 Juli 2018) nanti ketahuan partai mana saja yang tidak lengkap dan harus melakukan perbaikan, dari tanggal 21 Juli hingga 24 Juli,” tegas Sarjan Efendi.

Selain PSI, Partai Berkarya dan Partai Bulan Bintang juga menyerahkan berkas bacalegnya pada Selasa malam (17/7), beberapa jam menjelang penutupan jadwal pendaftaran yang telah ditetapkan KPU Kabupaten Seluma.

Budaya menit-menit terakhir mendaftar, juga menjadi sorotan berbagai pihak, karena masalah waktu pendaftaran di menit-menit terakhir sudah terjadi sejak pemilu pada tahun 2003, tahun 2009, tahun 2014 hingga jelang pemilu 2019 ini.

Sementara itu, dari 16 partai politik peserta pemilu, yang paling sedikit jumlah bacalegnya hanya Partai Garuda yang hanya berjumlah 6 orang.

Itupun dari 4 Dapil yang ada di Kabupaten Seluma, hanya terisi pada Dapil I Seluma, dengan persentase keterwakilan perempuan mencukupi 30 persen, sedangkan Dapil II, Dapil III dan IV nihil.

(Hari Adiyono)

Most Popular

To Top