Pendidikan

Terkendala Server, UNBK SMPN Molor 1 Jam

Kepala Dinas Pendidikan Seluma, Muksir Ibrahim saat meninjau pelaksanaan UNBK.

CamkohaNews – Penyelenggaraan Ujian Nasional tingkat SLTP di Kabupaten Seluma, mulai digelar pada Senin (23/4).

Namun pelaksanaan UNBK di 5 Sekolah sempat molor 1 jam lantaran terkendala server dari pusat. Salah satunya seperti yang terjadi di SMPN 5 Seluma, sedangkan peserta yang telah mengundurkan diri hanya 1 orang peserta.

“Iya kita sempat molor 1 jam, karena ada gangguan server dari pusat, namun tidak mempengaruhi pelaksanaan ujian nasional, kalau peserta hanya 1 yang telah mengundurkan diri,” terang Rahidi Asmara, M.Pd Kepala SMPN 5 Seluma.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma Muksir Ibrahim, S.Pd M.Pd menegaskan secara umum pelaksanaan Ujian Nasional berlangsung lancar. Namun hanya gangguan jaringan server dari pusat.

Untuk UNBK tahun depan, Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma akan mengusulkan dalam APBD, untuk pengadaan unit komputer sebagai penunjang agar pelaksanaan UNBK bisa dilaksanakan di seluruh sekolah.

“Kita upayakan tahun depan sudah bisa UNBK, karena nanti kita usulkan dalam APBD untuk pengadaan unit komputer,” tegas Muksir Ibrahim, S.Pd M.Pd.

Sementara itu, Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma Sukiman M.Pd menegaskan, dari 49 sekolah jenjang SMP/ MTs di Kabupaten Seluma, hanya 5 sekolah setingkat SMP, dan 3 MTs di Kabupaten Seluma, dinyatakan Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma telah bisa menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer.

Sedangkan 42 sekolah dan 9 Mts lainnya masih melaksanakan ujian nasional menggunakan kertas dan pensil.

Kelima SMP Negeri yang didukung jaringan internet dan ruang lab komputer ini, yakni SMPN 5 Seluma di Kelurahan pasar Tais Kecamatan Seluma, SMPN 6 Seluma di Kelurahan Dermayu Kecamatan Air Periukan, SMPN 18 Seluma di Desa Penago 1 Kecamatan Ilir Talo, SMPN 19 Seluma di Desa Ketapang Baru Kecamatan Semidang Alas Maras dan SMPN 27 Seluma di Desa pagar Gasing Kecamatan Talo.

Sementara itu, tahun ini total jumlah peserta ujian nasional yang  telah teregister di Dinas pendidikan Seluma mencapai 3.190.

Jumlah ini terdiri dari peserta dari 47 unit SMP yang ada di Kabupaten Seluma berjumlah 2.802 siswa dan Mts ada 388 siswa, untuk ujian nasional akan diselenggarakan pada  23 hingga 26 April 2018 mendatang.

(Hari Adiyono)

Most Popular

To Top