Berita Utama

Sudah Belasan Tahun Pria ini Dipasung

CamkohaNews – Sedikitnya 3 warga di Kabupaten Seluma yang mengalami gangguan jiwa sudah belasan tahun dipasung dan luput dari perhatian pemerintah.

3 orang yang mengalami gangguan jiwa dengan cara dipasung ini, terdapat di Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara Ahyar (40), di Desa Karang Anyar Kecamatan Semidang Alas Maras Eki Syahputra (21) dan di Desa Gunung Bantan Kecamatan Semidang Alas Maras Asri (45).

Selama ini, ketiga warga yang mengalami gangguan jiwa ini terpaksa dipasung karena keterbatasan ekonomi pihak keluarga yang merawatnya, dan karena selama ini dianggap membahayakan orang lain.

Mendapat laporan ini, Wakil Ketua II DPRD Seluma Okti Fitriani, langsung meninjau dan rencananya Rabu (27/12) akan membawanya ke RSJKO Kota Bengkulu, untuk mendapatkan perawatan yang lebih manusiawi.

Okti meminta peran aktif Kades dan Perangkat Desa untuk pro aktif melaporkan warganya yang benar-benar membutuhkan bantuan sosial seperti jaminan kesehatan bagi warga yang mengalami gangguan jiwa.

“Saya tekankan para Kades dan Perangkat Desa lainnya untuk pro aktif mensejahterakan masyarakatnya, jika ada temuan seperti ini segera laporkan, agar tidak luput dari perhatian pemerintah,” tegas Okti.

(Hari Adiyono)

Most Popular

To Top