Politik

Status “Bacaleg” Husni Thamrin Tunggu inkrah Pengadilan

Ketua KPU Seluma Sarjan Efendi, SE.

CamkohaNews – Sehari pasca penahanan terhadap Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Husni Thamrin oleh Polda Bengkulu, terkait kasus dugaan korupsi yang menjeratnya, yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua DPRD Seluma.

Terlebih status Husni Thamrin sebelumnya, telah dipastikan memenuhi syarat pencalonannya kembali di bursa Pemilu legislatif 2019 dari Dapil Seluma 2.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma, Sarjan Efendi menegaskan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupaten Seluma yang tersandung hukum tidak bisa diganti dengan Bacaleg lain.

“DCS itu bisa diganti jika Bacalegnya Meninggal dunia, TMS berdasarkan hasil klarifikasi karena tanggapan masyarakat, dan Mengundurkan jika kouta keterwakilan perempuan kurang 30%. Kalau sudah DCT tidak bisa lagi diganti, “tegas Ketua KPU Seluma Sarjan Efendi.

Lanjutnya, jika sudah ada keputusan inkrah dari pengadilan tanpa ada upaya hukum selanjutnya, sebelum cetak surat suara maka nama beliau di DCT akan dihapus. Namun sebaliknya kalau penetapan hukum inkrah setelah surat suara dicetak, maka nama yang yg bersangkutan tetap muncul di surat suara.

Sementara itu, bila inkrah setelah surat suara dicetak maka KPU Seluma akan mencoret yg bersangkutan pada DCT dan mengirimkan surat pemberitahuan ke KPPS di setiap TPS di Dapil Seluma 2 supaya KPPS mengumumkannya sebelum pemungutan suara dilaksanakan “pungkas Sarjan Efendi.

(Hari Adiyono)

Most Popular

To Top