Pendidikan

Siraman Lepas Ratusan Pelajar SMAN 5 Seluma

Acara siraman yang dilakukan Wakil Bupati Seluma Drs. Suparto mewarnai acara pelepasan siswa SMAN 5 Seluma.

CamkohaNews – Tangis haru para siswa, walimurid dan dewan guru mewarnai acara pelepasan, pasca ujian nasional yang telah dilaksanakan pada 9 – 12 April lalu. Total ada 208 pelajar SMAN 5 Seluma, yang mengikuti ujian nasional tahun ini.

Pelepasan para siswa ini, digelar Selasa (17/4) pagi di halaman SMA Negeri 5 Seluma.

Kepala SMAN 5 Seluma, Pasihin, Spd. M.PD menegaskan kegiatan ini dapat terselenggara tanpa sama sekali adanya pemungutan terhadap para wali murid. Seluruh kebutuhan biaya perpisahan, semuanya bersumber dari dana OSIS dan Komite.

“Kita mengadakan kegiatan ini, tidak ada sama sekali memungut iuran dari orang tua wali murid, namun bersumber dari OSIS dan Komite,” tegas Pasihin.

Lanjutnya, dalam ujian nasional yang telah terlaksana pada 9 – 12 April lalu, SMAN 5 Seluma masih melaksanakannya ujian nasional menggunakan kertas dan pensil (UNKP).

Namun pihaknya menargetkan tahun depan untuk pelaksanaan ujian nasional sudah bisa dilakukan dengan berbasis komputer (UNBK).

Saat ini SMAN 5 Seluma telah menyiapkan 48 unit komputer dan ruang laboratorium komputer, yang merupakan bantuan dari Kemendikbud sebagai sarana dan prasarana penunjang pendidikan.

Sementara itu, ada sebanyak 68 siswa dari 208 peserta yang telah mengikuti Ujian Nasional telah mengikuti tes seleksi di sejumlah perguruan tinggi, dan 4 siswa lainnya mengikuti seleksi Polri yang baru dibuka beberapa waktu lalu.

Selain itu, prestasi yang menonjol dari SMAN 5 Seluma berhasil mengirimkan 5 peserta O2SN di tingkat Provinsi Bengkulu setelah mengikuti seleksi ketat.

Kemudian eks school akademik dan non akademik lainnya di SMAN 5 Seluma, meliputi Sepak Bola, Voli, Pramuka, Footsal, Drumband, Band, Paskibra, Rohis, Pingpong, Basket, Catur yang sering dilaksanakan melalui kegiatan SlimCup untuk memeriahkan hari ulang tahun sekolah.

Wakil Bupati Seluma Drs. Suparto yang turut hadir menghimbau anak-anak SMAN 5 Seluma untuk tetap melanjutkan pendidikan, agar dapat membanggakan orang tua dan berguna bagi nusa dan bangsa.

“Kepada anak-anak yang telah mengikuti Ujian Nasional, jangan berhenti mengejar ilmu, karena perjalanan kalian masih panjang, ikutilah tes dulu di perguruan tinggi,” ucap Suparto.

Hal senada juga diungkapkan Kabid PTK SMA Amdaryani, perwakilan dari Dinas Diknas Provinsi menghimbau bagi anak-anak yang sudah mengikuti ujian nasional untuk terus berjuang meraih cita-cita dengan mengikuti seleksi perguruan tinggi.

“Untuk anak-anak yang telah mengikuti Ujian Nasional, ikutilah seleksi perguruan tinggi yang telah terakreditasi minimal B, agar tidak terkendala saat mengikuti seleksi tes berikutnya misalnya tes CPNS,” terang Amdaryani.

Sementara itu, turut hadir unsur Forkominda lainnya, dalam memeriahkan acara pelepasan yang diadakan SMAN 5 Seluma ini bersama para wali murid peserta Ujian Nasional.

(Hari Adiyono)

Most Popular

To Top