Seluma

Seluma Miliki 9.580 Pemilih Potensial Non Elektronik

KPU Seluma sedang berkoordinasi dengan Sekretaris Dinas Dukcapil Seluma terkait pemilih potensial jelang Pemilu 2019.

CamkohaNews – KPU Seluma Rabu siang (8/8) kesekian kalinya mendatangi Dinas Dukcapil Seluma, untuk koordinasi terkait pemilih potensial yang belum memiliki KTP atau Surat Keterangan, terutama penduduk yang yang lahir pada tanggal 17 April 2002 atau sebelumnya sudah bisa merekam KTP-el di Dinas Dukcapil Seluma.

Sekretaris Dinas Dukcapil Seluma Gun Ibrori menyampaikan, kedatangan KPU Kabupaten Seluma melakukan koordinasi dengan Dukcapil, terkait adanya pemilih potensial di DPSHP sebanyak 140.088 yang belum dipastikan memiliki KTP elektronik atau Surat Keterangan dari Dinas Dukcapil Seluma.

Namun berdasarkan data di Dinas Dukcapil Seluma, jumlah penduduk yang belum terdaftar administrasi kependudukan ada sebanyak 9.580 orang, dan ini menjadi prioritas Dinas Dukcapil Seluma untuk menyelesaikannya dengan jemput bola.

“ada 9.580 wajib ktp lagi, yang akan kita prioritaskan untuk segera melakukan tertib administrasi kependudukan dengan jemput bola, untuk membantu tugas KPU Seluma dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu th 2019 mendatang”, terang Sekretaris Dinas Dukcapil Seluma Gun Ibrori.

Upaya aktif yang dilakukan KPU Kabupaten Seluma ini, agar hak pilih warga tidak hilang. KPU Kabupaten Seluma akan mengawal hingga data pemilih potensial yang belum dipastikan memiliki KTP elektronik atau Surat keterangan dari Dinas Dukcapil Seluma untuk merekam dan bisa menggunakan hak pilihnya di TPS.

“Yang jelas akan kami kawal sampai selesai. KPU Kabupaten Seluma sudah menyerahkan data tersebut kepada Dukcapil Seluma untuk diverifikasi. Nanti Dukcapil yang akan mencari didata base mereka, dicocokkan nama, NIK dan KK nya” terang Ketua KPU Seluma Sarjan Efendi, SE.

Lanjutnya, KPU Seluma mengimbau masyarakat untuk pro aktif mengecek datanya, apakah sudah masuk di Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) ataukah belum yang diumumkan di Kantor Kelurahan/Desa setempat dan tempat umum lainnya.

Jika masih ada masyarakat yang belum memiliki KTP-el atau Surat Keterangan dari Dinas Dukcapil Seluma, agar segera merekam ke kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma.

“bila masyarakat sudah punya identitas kependudukan akan tetapi belum terdaftar di DPSHP, agar segera mendaftar ke PPS di Desa atau kelurahan setempat”, pungkasnya.

(Hari Adiyono)

Most Popular

To Top