Pendidikan

Sekolah Dilarang Curi Start Terima Murid Baru

CamkohaNews – Di Aula Pasir Putih hotel Senin (16/4) pagi berlangsung sosialisasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2018.

Dihadiri seluruh kepala SMA/SMK dan ketua MKKS se provinsi Bengkulu, acara digelar hingga Selasa 17 April.

Sesuai kalender pendidikan, dijelaskan Kasi Kepribadian DITPSMA Kemdikbud Alex Firngadi, penerimaan peserta didik baru dimulai Juni hingga Juli mendatang. PPDB dapat dilaksanakan dengan dua cara yakni berbasis online atau offline. Namun diharapkan semua Provinsi dapat melakukan seleksi PPDB secara online. “Ini lebih memudahkan proses PPDB tersebut dalam menjaring peserta didik baru yang akuntabel, transparan dan objektif. Jadi semua itu tanpa diskriminasi”, terang Alex

Kemudian di dalam PPDB ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi siswa, diantaranya harus ada STTB SMP dan SKHUN, serta mendaftar sesuai zonasi.

Sistem zonasi baik untuk pelajar di masing-masing wilayah, apabila berada dekat dengan sekolah tentu pelajar yang tempat tinggalnya dekat dengan sekolah harus diutamakan.

Sedangkan untuk pelajar yang berada di luar zonasi diberikan kuota 5 persen, kemudian kuota 5 persen lagi untuk pelajar berprestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik.

Serta kuota 20 persen untuk pelajar jurang mampu secara ekonomi. Sehingga sekolah harus pandai-pandai melihat maupun memverifikasi langsung di lapangan.

Ditambahkan Alex, sekolah dilarang curi start melakukan penerimaan murid baru karena memang harus dilaksanakan serentak. Bagi sekolah yang membuka pendaftaran lebih awal dari jadwal yang ditentukan maka sekolah tersebut wajib dikenakan sanksi. Mulai dari teguran lisan dan tertulis hingga sanksi administrasi khususnya bagi sekolah negeri.

Ketika hal itu terjadi, Dinas Pendidikan diminta dapat langsung menegur sekolah tersebut karena penerimaan dilakukan tanpa diskriminasi atau semua sama. Hasil dari PPDB inipun juga harus diumumkan di papan pengumuman atau media lainnya yang mudah diakses masyarakat khususnya para orangtua.

Septi Fitriani

Most Popular

To Top