Pekaro

Rumah Warga Sukasari Hangus Terbakar

 

Sijago merah saat melalap rumah korban.

CamkohaNews – Kebakaran hebat Kamis subuh (17/5) sekitar pukul 04.45 wib, terjadi di Desa Sukasari Kecamatan Air Periukan.

Sijago merah melalap rumah milik Musiran (59) yang merupakan warga RT 15 yang saat itu baru selesai makan sahur bersama keluarganya. Pemicu api yang menyebabkan kebakaran tersebut diduga karena korsleting listrik dari mesin genset milik korban yang saat itu tengah dihidupkan, karena aliran listrik PLN yang sedang padam.

“Api awalnya muncul dari salah satu kamar dilantai dua, diawali dengan meledaknya dua bohlam di kamar. Api dari bohlam itu lalu mengenai kasur dan langsung membesar dan menyebar kebagian lainnya,” terang Musiran.

Lanjutnya, api yang dengan cepatnya membesar tersebut nyaris menghanguskan seisi rumah. Beruntung saat itu semua keluarganya telah bangun dan berusaha menyelamatkan barang semampunya.

Namun sejumlah surat berharga, seperti sertifikat rumah dan kebun serta BPKB Mobil Pajero miliknya, beserta surat penting lainnya juga ikut dibakar sijago merah.

“Kalau ditotal-total baik surat penting yang ikut terbakar juga biaya untuk memperbaiki rumah ini lagi, diperkirakan kerugian yang saya alami mencapai Rp 400 Juta,” tutur Musiran.

Dengan alat seadanya warga desa Sukasari ikut membantu memadamkan api tersebut. Baru setelah Dua unit mobil Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) Seluma yang tiba dilokasi berselang setengah jam kemudian saat kebakaran terjadi, dan api berhasil dijinakan sekitar pukul 06.00 WIB.

Kapolsek Sukaraja AKP. David Pratama Purba, S.Ik menegaskan tidak ada korban jiwa dari kebakaran tersebut. Untuk penyebab kebakaran diduga akibat tegangan tinggi pada mesin genset, yang saat itu tengah dihidupkan korban karena saat itu wilayah tersebut listriknya sedang padam.

“Dugaan sementara penyebab kebakaran tersebut adalah konsleting listrik dari mesin genset yang digunakan korban saat itu. Untuk pastinya kita akan lakukan penyelidikan untuk memastikannya,” tutur Kapolsek Sukaraja.

(Hari Adiyono)

Most Popular

To Top