Kota Bengkulu

Ridwan Kamil Canangkan Bung Karno Trail Sumatera

Ridwan Kamil bersama Sekprov Bengkulu, Sudoto saat mengunjungi Rumah Bung Karno di Anggut Atas.

CamkohaNews – Bersama rombongan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Rabu (15/3) malam Walikota Bandung, Ridwan Kamil hadir dalam ramah tamah antara Pemerintah Provinsi Bengkulu dengan Balai Cagar Budaya Jambi di Gedung Daerah.

(Baca juga: Dikremasi di Pekik Nyaring, Abu WNA Amerika Dipulangkan Hari Ini)

Namun tidak terlalu lama, usai menikmati jamuan, Ridwan Kamil yang merupakan Duta Yayasan Bung Karno langsung meninggalkan gedung daerah, berkunjung ke rumah pengasingan Bung Karno di kelurahan Anggut Atas.

Setibanya di rumah pengasingan Bung Karno, Ridwan Kamil yang didampingi pelaksana tugas Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Sudoto ikut mempromosikan salah satu objek wisata sejarah Bengkulu tersebut melalui histori di akun instagramnya.

Selain promosi menggunakan akun instagramnya yang memiliki pengikuti lebih dari 5 juta orang, Ridwan Kamil juga mendeklarasikan pencanangan program Bung Karno Trail Sumatera.

Ridwan Kamil saat menggelar jumpa pers di Rumah Bung Karno.

Bung Karno Trail Sumatera merupakan program promosi wisata yang berisikan penelusuran jejak – jejak peninggalan sang proklamator di pulau Sumatera.

Dengan mendalami jejak sejarah tersebut, Ridwan Kamil berharap membangkitkan kembali semangat kaum muda dalam meneladani sikap nasionalisme Soekarno.

Sementara itu khusus untuk Bumi Raflesia, Ridwan Kamil menilai Bengkulu memiliki potensi yang lengkap dibandingkan daerah lainnya. Potensi ini, mulai dari hutan, pegunungan, pantai hingga peninggalan sejarah.

Untuk percepatan pembangunan, Ridwan Kamil menyarankan pemerintah daerah memanfaatkan jejaring karena kemenangan tidak akan didapat dengan perjuangan seorang diri.

Membantu Pemerintah Provinsi Bengkulu, Ridwan Kamil berjanji akan mempromosikan Bengkulu kepada investor di Kota Bandung dengan syarat tidak dipersulit dalam proses birokrasi nantinya.

Setelah menghabiskan waktu dirumah Bung Karno, Ridwan Kamil juga mampir ke Mesjid Jamik Kota Bengkulu. Mesjid Jamik dipilih karena merupakan salah satu bangunan peninggalan sejarah karena didesain langsung oleh mantan Presiden RI pertama itu.

(Raffly Agung Okiarlis)

Berita Terkini

To Top