Berantas Korupsi

Rico Can Divonis 6 Tahun Penjara

Rico Can saat memberikan jawaban atas vonis hukuman yang dijatuhkan majelis hakim PN Tipikor Bengkulu pada Kamis (14/12) malam.

CamkohaNews – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bengkulu, akhirnya menjatuhkan vonis kedua terhadap para terdakawa pekara suap terhadap Gubernur Bengkulu (non aktif) Ridwan Mukti dan istri, Lily Martiani Maddari.

Dalam sidang dengan agenda pembacaan vonis pada Kamis (14/12) malam, Majelis Hakim PN Bengkulu akhirnya menjatuhkan vonis 6 tahun penjara plus denda sebesar Rp 200 juta, subsidair 2 bulan kurungan.

Vonis ini lebih tinggi dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK sebelumnya, yang menuntut Rico Dian Sari atau Rico Can dengan hukuman 5 tahun penjara.

“Menjatuhkan vonis selama enam tahun kepada saudara terdakwa Rico Dian Sari,” begitu Ketua Majelis Hakim, Admiral SH, MH saat membacakan amar putusannya.

Rico dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dalam Undang undang RI nomor 31 Tahun 1999.

“Rico Dian Sari juga didenda Rp 200 juta. Jika tidak maka akan diganti dengan 2 bulan penjara,” ujar Admiral.

Namun menariknya, atas vonis majelis hakim yang jauh lebih tinggi dari tuntutan jaksa KPK ini, Rico Can langsung menyatakan tak akan mengajukan banding dan menerima vonis yang dijatuhkan.

“Saya mengerti dan menerima putusan tersebut yang mulia, ” ujar Rico Can saat memberi jawaban atas vonis dari majelis hakim.

Sementara pihak JPU KPK menyatakan masih pikir-pikir.

(Anggi Noverdo)

 

Berita Terkini

To Top