Berantas Korupsi

Rico Can Dituntut 5 Tahun Penjara

CamkohaNews – Rico Diansari Direktur PT. Rico Putra Selatan , dituntut tim penunutut umum KPK dengan hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsidaer 3 bulan kurungan.

Dalam persidangan terdakwa Rico, total ada 21 saksi yang telah dihadirkan ke persidangan. Rico didakwa tim penuntut umum KPK dengan pasal 12 a UU Tipikor.

Dalam pembacaan tuntutan, penuntut umum KPK memgatakan dapat mengabulkan Permohonan JC Rico Diansari yang telah membantu dalam proses pengungkapan perkara ini.

Besaran Fee 10 % diakui oleh Rico Diansari diucapkan oleh Lily Martiani Maddari pada saat pertemuannya di Jakarta pada tahun 2016 lalu.

Fee 10% dikatakan Lily sudah lumrah disetorkan oleh sejumlah kontraktor pada saat RM masih menjabat sebagai Bupati Musi Rawas Sumsel.

Awal pemberian uang 1 Milyar bermula ketika Jhoni Wijaya selaku Kepala Cabang PT. SMS ( Statika Mitra Sarana ) datang ke kantornya pasca pertemuan sejumlah kontraktor dengan Ridwan Mukti di Kantor Gubernur. Jhoni bertanya kepada Rico berapa Gubernur minta uang, dan dijawab oleh terdakwa Rico 10 %.

Disela sela menunggu sidang, Rico Diansari mengaku akan menjalani vonis kurungan penjara di Lembaga Pemasyarakatan Suka Miskin Jawa Barat.

Lapas yang banyak dihuni oleh terpidana kasus korupsi tersebut sengaja dipilihnya untuk mencari ketenangan, selain itu untuk bisa lebih dekat dengan keluarga, karena saat ini istrinya sedang mengambil gelar Doktor bidang ekonomi.

Agus Faizar

Berita Terkini

To Top