Bengkulu Utara

Ribuan Umat Hindu Rayakan Hari Raya Galungan

CamkohaNews – Pada Rabu Pagi (26/12) ribuan umat Hindu merayakan Hari raya Galungan, hari raya Galungan tersebut merupakan salah satu hari raya umat Hindu yang diperingati setiap 210 hari atau 6 bulan Bali.

Sebelum menuju pura Dharma Yatra, ribuan umat Hindu tersebut pada pagi harinya telah melakukan upacara sembahyang dirumah masing masing (Sagah), setelah baru membawa sajen yang untuk dipersembahkan ke Pura Dharma Yatra. Persembahan dipimpin oleh Jero pemangku atau Pinadita Ketut Sutama.

Hari Raya Galungan merupakan hari kemenangan Dharma melawan Adharma, yang diartikan kebaikan selalu akan menang melawan tidak kebaikan.

Persembahyang tersebut Tampak juga dihadiri Kapolres Bengkulu Utara berserta Bhayangkari, setelah melakukan persembahyangan tersebut juga diselenggarakan tari sakral Rejang Sari serta pada malam harinya akan ada pentas tari Genjek yang diikuti oleh pemuda – pemudi.

Tokoh Umat Hindu yakni Made Astawa menyampaikan bahwa selain hari raya galungan akan juga ada hari raya kuningan yang jaraknya 10 hari dari perayaan hari galungan.

“Semoga dalam hari raya galungan ini kemenangan dharma melawan adharma bukan hanya simbol saja, tentunya kita berharap setelah akan adanya perubahan didiri kita masing – masing berbuat lebih baik,” pungkas Made Astawa.

(Dwi Nurbansyah)

Berita Terkini

To Top