Advetorial

Revitalisasi SMKN 3 Kota Menuju Sekolah Pariwisata

SMK Negeri 3 Kota Bengkulu saat menggelar ekpose terkait posisi SMKN 3 yang menjadi sekolah revitalisasi menuju sekolah pariwisata.

CamkohaNews – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Kota Bengkulu, menggelar ekspose terkait posisi SMKN 3 yang menjadi sekolah revitalisasi menuju sekolah pariwisata.

SMKN 3 Kota Bengkulu salah satunya dari 126 SMK di Indonesia, yang mendapatkan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menjadi sekolah pariwisata.

Dalam ekspose yang dilaksanakan Rabu (6/9) pagi di aula sekolah, SMKN 3 mempunyai potensi untuk menjadi sekolah pariwisata. Ada tiga program keahlian SMKN 3 yang diunggulkan, yaitu Program Keahlian Tata Boga, Tata Busana dan Tata Kecantikan.

Revitalisasi SMKN 3 Kota Bengkulu, mendapat pendampingan langsung dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan hadirnya dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Haryadi Darmawan.

SMKN 3 Kota Bengkulu saat menggelar pembekalan dan pelatihan terhadap para guru dengan mendatangkan langsung dosen dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Dr. Haryadi darmawan, MM.

Selama tiga hari kedepan, dosen STP Bandung ini akan memberikan pelatihan dan pendampingan, kepada para guru SMKN 3 untuk membuat rancangan sekolah pariwisata sebelum dimulai revitalisasi.

“Ada enam komponen yang harus dipenuhi SMKN 3 untuk menuju sekolah pariwisata, yaitu kurikulum yang terintegrasi, terimplementasinya A Teaching Factory dan produk unggulannya, guru-guru memilki pengalaman industri, terpenuhinya sarana dan prasarana praktik, terjadwalnya guru tamu dari industri, dan sekolah tersertifikasi ISO,” ujar dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Dr. Haryadi darmawan, MM.

Saat ini SMKN 3 Kota Bengkulu tengah mempersiapkan  keperluan menjadi sekolah pariwisata, mulai dari kurikulum  hingga sekolah terintegrasi.

Diharapakan pada tahun 2019 mendatang, SMKN 3 Kota Bengkulu sudah menjadi sekolah industri pariwisata, dan mendukung program Visit Bengkulu 2020.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 3 Kota Bengkulu Dra. Hj. Yendrianis, MPd, mengatakan fokus SMKN 3 dalam jangka pendek akan fokus untuk peminatan dalam program studi di kelas dua. Sehingga para pelajar dalam peminatannya, akan benar-benar terarah sesuai dengan yanga ada di dunia industri.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Drs. Ade Erlangga M., M.Si menilai sudah menjadi prestasi tersendiri bagi SMKN 3 Kota Bengkulu, karena mendapat bantuan program langsung dari pusat.

Hal ini menunjukan, SMK di Bengkulu mempunyai potensi bagus dan mampu bersiang dengan SMK lainnya di Indonesia.

Ade Erlangga mengatakan SMKN 3 akan menjadi ikon sekolah di Bengkulu. Terlebih dunia industri saat ini membutuhkan tenaga kerja yang siap pakai, yang selama ini menjadi salah satu fokus pendidikann di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu.

(Ali Sadikin)

Berita Terkini

To Top