Seluma

Rawa Indah Rata Tersapu Air Laut

Simulasi tanggap bencana yang diadakan Polres Seluma di Gedung shelter tsunami di Desa Rawa Indah.

CamkohaNews – Ratusan warga Desa Rawa Indah Kecamatan Ilir Talo berlarian menyelamatkan diri ke gedung shelter, berselang beberapa menit terjadi gempa berkekuatan 8,6 skala richter, yang memicu terjadinya gelombang tsunami.

Isak tangis dan rasa panik pun menyelimuti warga setempat. Warga yang berusia lanjut dan yang mengalami cedera, langsung diungsikan petugas yang bahu membahu mengevakuasi sejumlah korban, melalui tangga khusus brangkar atau kursi roda yang ada di gedung shelter.

Namun ini hanyalah simulasi siaga bencana, yang diadakan Kapolres Seluma AKBP Jeki Rahmat Mustika bersenergitas bersama TNI dan Dinas terkait seperti BPBD, Dinas Kesehatan, dan perangkat desa setempat.

Kapolres Seluma AKBP. Jeki Rahmat Mustika, menerangkan kegiatan simulasi ini perlu rutin setiap tahunnya digelar, agar masyarakat yang berdomisili di pesisir pantai, senantiasa terbiasa siaga dan waspada, bila sewaktu-waktu terjadi gempa bumi dan langkah-langkah lainnya yang perlu dipersiapkan para petugas.

“tujuan simulasi ini adalah untuk melatih kesiapan daripada sinergitas personel TNI-Polri dan Perangkat Desa serta masyarakat, sehingga diharapkan latihan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, apabila terjadi bencana gempa bumi berpotensi tsunami bisa tahu apa saja langkah-langkahnya” tegas Kapolres.

Sementara itu, kegiatan ini pun sangat direspon positif masyarakat setempat yang berperan aktif mengikuti simulasi ini. Bahkan tidak sedikit masyarakat, khususnya kalangan ibu-ibu yang larut dalam kepanikan sampai menangis histeris.

“iya mas, seperti nyata makanya terlalu mendalami seakan-akan larut dalam kesedihan saat bencana gempa bumi dan tsunami terjadi” terang Partiyah salah seorang warga Desa Rawa Indah.

(Hari Adiyono)

Berita Terkini

To Top