Kesehatan

Ratusan Warga Talo Antusias Ikuti Senam Germas

CamkohaNews – Pemerintah Kabupaten Seluma hingga kini rutin melaksanakan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Setelah sebelumnya digelar di Kecamatan Air Periukan dan Lubuk Sandi, Rabu (19/9) pagi senam germas diadakan di Lapangan Sepak Bola Desa Pagar Gasing Kecamatan Talo, dan diikuti ratusan masyarakat dari beberapa perwakilan desa hingga tingkat pelajar.

Kepala Puskesmas Masmambang dr. Martin Sinulingga mengatakan, pola hidup sehat perlu ditanamkan sejak dini terhadap masyarakat pedesaan, salah satunya mempopulerkan senam Germas dan dilanjutkan dengan pola makan sehat, seperti mengkonsumsi buah lokal dan sayur lokal secara rutin, yang khasiatnya tak kalah bermanfaat dengan buah dan sayur dari luar negeri.

“Jadi Germas ini tidak hanya kita rutinkan di puskesmas-puskesmas, tapi kita familiarkan juga di tengah masyarakat desa, sekolah-sekolah hingga ke kantor-kantor instansi pemerintah maupun swasta,” tutur dr. Martin Sinulingga.

Sementara itu, Camat Talo Supran usai mengikuti bersama senam Germas, mengajak masyarakat untuk membudayakan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga, makan sayur dan buah, dan tidak ketinggalan untuk intens memeriksakan diri pada layanan kesehatan terdekat secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan serta menjauhi atau tidak merokok.

“sehat itu mahal, maka dari itu mari menjaga kesehatan kita dengan berolahraga, pola makan yang teratur dan jauhi rokok, cek kesehatan secara berkala ke Puskesmas terdekat”, ucap Camat Talo Supran.

Sebagai tindaklanjutnya, Germas ini akan lebih gencar disosialisasikan ke masyarakat, bukan hanya di lingkungan masyarakat secara umum tapi juga menyasar ke sekolah-sekolah serta perkantoran-perkantoran, baik perkantoran milik pemerintah maupun swasta.

(Hari Adiyono)

Most Popular

To Top