Kesehatan

Ratusan Warga Kota Terjangkit TBC

CamkohaNews – Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, merilis jumlah kasus penderita Tubercolosis (TBC), saat ini tercatat ratusan warga Kota Bengkulu, tengah menderita penyakit yang cukup mematikan.

Terhitung sejak tahun 2015 Dinas Kesehatan telah merangkum sebanyak 597 Kasus TBC BTA positif dan 213 TB kategori biasa, ditahun 2016 Dinas Kesehatan mencatat 539 kasus dengan kategori BTA positif, dan 289 kategori biasa. Sedangkan diratahun 2017 ada 405 kasus positif BTA.

Dari ratusan penderita TBC di kota Bengkulu, Susilawaty kepala dinas kesehatan Kota Bengkulu, trend penderita TBC memang luar biasa di kota Bengkulu.

Bahkan saat inu tercatat ada dari ratusan penderita TBC di kota Bengkulu, ada 4 warga Kota Bengkulu yang menderita Multi Drug Resistant (MDR), yakni TB yang sulit disembuhkan karena virus yang menyerang telah kebal dengan obat.

“Memang banyak, ini ada empat lagi yang terkena MDR, perawatan memang harus rutin, dan tidak bisa ditangani oleh kita Dinas Kesehatan kota,” katanya.

Tubercolosis Multi Drug Resistant (MDR) sendiri, disebabkan rentan waktu pengobatan yang terlalu lama. Sehingga dinas kesehatan hanya bisa melakukan rujukan kepada RSUD M Yunus untuk dilakukan perawatan.

Anggi Noverdo

Berita Terkini

To Top