Berita Utama

Ratusan Nelayan Trawl Geruduk Kantor Gubernur

Ratusan nelayan trawl menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Gubernur Bengkulu pada Senin (26/3) pagi dengan pengawalan ketat aparat gabungan TNI-Polri.

CamkohaNews – Setelah dua kali memblokir akses jalan ke Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu, ratusan nelayan trawl Senin (26/3) pagi menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Gubernur Bengkulu.

Masih seperti sebelumnya, ratusan nelayan trawl ini ngotot agar diperbolehkan kembali melaut dengan menggunakan alat tangkap trawl hingga memiliki alat tangkap pengganti.

Massa beralasan saat ini kondisi keuangan mayoritas keluarga mereka sudah kesulitan, setelah tak melaut sejak larangan diterapkan di Bengkulu beberapa bulan terakhir.

Perwakilan massa juga menegaskan, alat tangkap pengganti yang diberikan haruslah sesuai dengan perairan di Bengkulu.

Tak hanya itu, demonstran juga menuntut agar Plt Gubernur segera mencopot pejabat Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), yang dituding menjadi salah satu penyebab utama ruwetnya persoalan trawl.

Sementara itu, pengamanan berlangsungnya aksi ini tampak cukup istimewa karena di lokasi aksi juga tampak Kapolda dan Danrem 041 Garuda Emas yang memantau langsung aksi demonstrasi.

Hal ini bisa jadi merujuk pada aksi pengrusakan brutal terhadap kantor UPT DKP di PPI Pulau Baai, hanya beberapa saat usai aksi pemblokiran jalan disudahi ratusan nelayan trawl.

(Muhammad Helmi)

Berita Terkini

To Top