Mukomuko

Ratusan Kelompok Nelayan Belum Ajukan Penggantian Trawl

CamkohaNews – Dari total 171 kelompok nelayan yang menggunakan alat tangkap berupa trawl di Kabupaten Mukomuko, hanya 25 kelompok diantaranya mengajukan permohonan penggantian dan sudah diproses.

25 kelompok nelayan ini berasal dari Kecamatan Kota Mukomuko yakni nelayan Pasar Sebelah yang keseluruhan pengguna trawl berjumlah 28 kelompok.

Sementara di Kecamatan Teramang Jaya atau nelayan Pasar Bantal hanya 18 kelompok diantaranya yang mengajukan penggantian dan saat ini sedang dalam proses.

Sedangkan berdasarkan data Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, nelayan di kecamatan ini memiliki 143 kelompok pengguna trawl.

Sekretaris DKP Mukomuko, Rahmad Hidayat, menjelaskan untuk 25 kelompok nelayan yang sudah disetujui penggantiannya, akan didistribusikan oleh perwakilan Kementrian KP pada Sabtu esok.

Rahmad mengharapkan, ratusan kelompok nelayan khususnya yang berada di Kecamatan Teramang Jaya dapat mematuhi peraturan, sehingga pada saat penertiban yang dilakukan aparat nantinya tidak terjadi hal negatif.

“Kemarin sudah ada 18 yang mengajukan dari Pasar Bantal, kita sangat mengharapkan inisiasi para nelayan untuk menaati pertauran Menteri agar berdampak baik pada lingkungan dan juga anak cucu kelak,” tegas Rahmad Hidayat.

Robi Ardiansyah

Most Popular

To Top