Politik

Polda Siapkan 110 Cyber Troops Patroli di Dunia Maya

CamkohaNews – Jelang pemilihan Walikota 2018, masing-masing tim sukses para kandidat cakada yang akan bersaing merebut simpati masyarakat untuk mendulang suara, makin gencar melakukan kampaye untuk mengenalkan dan menonjolkan program unggulan setiap calon.

Tidak hanya mengandalkan media massa, baik cetak maupun elektronik, media sosial merupakan cara paling hits untuk mengenalkan dan mempromosikan cakada yang akan bertarung pada bulan Juli nanti.

Walaupun gencar mempromosikan diri dengan memposting kata kata bijak, namun tidak sedikit juga di media sosial saat ini banyak ditemukan akun tidak bertanggung jawab yang sengaja dibuat untuk menjatuhkan pamor, dengan cara mempublikasikan kekurangan ataupun aib setiap calon kandidat.

Kejadian ini pun akhirnya berujung kepada aksi saling balas dan lempar hujatan yang dibuat tanpa diketahui siapa dan tim sukses mana yang membuatnya.

Untuk mengantisipasi maraknya hujatan kebencian ini, Widyaiswara Utama Sespim Polri Irjen Pol Suroso Hadi yang didampingi Kapolda Bengkulu Brigjend Pol Coki Manurung dan Brigjend Pol Adnas mengatakan, semua pihak harus saling membantu mensukseskan pesta demokrasi ini.

Berkaitan dengan banyaknya ujaran kebencian yang dilemparkan, Polda Bengkulu dipastikan telah mengantisipasi karena Mabes Polri memiliki subdit cyber troops.

Kapolda Bengkulu Brigjend Pol Coki Manurung menyiapkan 150 orang personel gabungan dalam unit cyber troops yang akan melakukan patroli di dunia maya.

Kapolda menegaskan, siapa pemilik akun yang menyebarkan berita hoaxs dan sebagainya akan dipanggil dan jika mengarah ke tindak pidana dengan adanya pihak yang merasa dirugikan dan melapor , maka akan ditindak tegas secara hukum.

Agus Faizar – Aliantoro

Berita Terkini

To Top