Berita Utama

Polda Buru Penyebar Hoax Tempoyak Ta*k

Salah satu informasi hoax yang disebar oleh akun sosial media tak bertanggung jawab. Polda Bengkulu sendiri saat ini tengah menelusuri para pelaku penyebar informasi hoax ini, dan menegaskan belum pernah ada tangkapan pelaku pencampur tempoyak dengan kotoran manusia di jajaran Polda Bengkulu hingga Polsek sekalipun.

CamkohaNews – Berkaitan dengan adanya informasi yang beredar di dunia maya terutama jejaring sosial Facebook, tentang tempoyak bercampur kotoran manusia, ditegaskan Kasub Bid Penmas Polda Bengkulu, Kompol Mulyadi, bila hal ini masih dalam pantauan pihaknya.

Kompol Mulyadi menegaskan, Cyber Troops Polda Bengkulu tengah melakukan patroli di dunia maya selama 24 jam, untuk menelusuri asal informasi palsu yang meresahkan tersebut.

Cyber Troops menurutnya akan mengejar siapa yang pertama kali, menyebarkan informasi yang sudah membuat gaduh masyarakat melalui dunia maya ini.

“Sejauh ini belum ada kita terima informasi tersebut, apalagi itu katanya pelaku sudah diamankan polisi. Karena setelah kita telusuri di Polda dan Polres jajaran, tidak ada yang diamankan karena mencampur tempoyak dengan kotoran manusia,” tegas Kompol Mulyadi.

Tim cyber crime Polda Bengkulu.

Untuk itu Kompol Mulyadi meminta masyarakat supaya cerdas menanggapi suatu isu, dan jangan gampang menyebarkan informasi yang belum diketahui kebenarannya.

“Masyarakat jangan gampang menyebarkan informasi yang belum dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, karena jika ada pihak yang merasa menjadi korban dan melaporkan ke polisi maka siapa yang menginformasikan atau menyebarkan dapat dituntut sesuai dengan UU ITE.

Dalam UU nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik, penyebar informasi palsu dapat terancam pidana 6 tahun penjara dan atau denda hingga Rp 500 juta.

(Aliantoro)

Berita Terkini

To Top