Bengkulu Selatan

Plt Bup BS Curhat ke Menteri Desa PDTT

CamkohaNews – Kedatangan Menteri Desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi Republik Indonesia, Eko Putro Sandjojo, ke Kabupaten Bengkulu Selatan, menjadi moment bagi Plt Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menyampaikan keluh kesah daerah mengenai Pantai Pasar Bawah yang tak kunjung memiliki pelabuhan.

Dalam penyampaiannya Gusnan Mulyadi berharap jika pantai pasar bawah segera memiliki pelabuhan, sehingga putaran perekonomian masyarakat nelayan pantai pasar bawah bisa meningkat.

Serta tingkat keselamatan nelayan bisa diminimalisir, dan angka anak yatim serta perempuan yang berstatus janda juga berkurang.

“Harapan kita dengan hadirnya pak Menteri PDTT hadir disini, bisa melihat keadaan pasar bawah ini, untuk di bangun pelabuhan, karena sudah banyak kejadian duka disini, (pantai pasar Bawah),” Kata Gusnan.

Gusnan juga berharap nantinya Menteri PDTT bisa menjembatani pemkab bersama kementerian Kelautan, agar adanya percepatan pembangunan kawasan pesisir.

Karena sangat disayangkan dengan potensi perikanan yang mencapai ratusan ton, belum bisa dimaksimalkan.

Menanggapi keluhan itu,  Eko Putro Sandjojo, Menteri PDTT, mengakui pihaknya tak memiliki kuasa lebih untuk melakukan pembangunan pelabuhan,karena domain pelabuhan ada pada kementrian PUPR dan Kementrian Kelautan  Perikanan.

Namun pihaknya bisa mengupayakan bantuan dana desa apabila kawasan pasar bawah bisa berubah status menjadi Desa.

Karena menurut Menteri Desa ini, peluang membangun desa memang cukup besar, ditambah adanya peningkatan Dana Desa setiap tahun yang mengalami peningkatan hingga 10 Triliun.

“Nanti kita bantu jembatani dengan kementrian terkait, saya coba hubungkan dengan menteri PUPR dan Kelautan agar ada fokus pembangunan di Pasar Bawah,” pungkas Eko Putro Sandjojo.

Anggi Noverdo

Most Popular

To Top