Seluma

Petugas Pasang Kamera Pemantau Harimau Sumatera

Petugas BKSDA dan WCS (Wildlife Conservation Society) saat memasang perangkat kamera trap.

CamkohaNews – Puluhan kamera trap secara bertahap akan dipasang petugas dari Wildlife Conservation Society (WCS), bersama petugas BKSDA Seksi Wilayah II Kabupaten Seluma, di kawasan hutan di Kecamatan Seluma Utara dan sekitarnya yang menjadi home range.

Pemasangan kamera trap ini untuk mengidentifikasi harimau sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) yang akhir-akhir ini kerap menimbulkan konflik dengan manusia, akibat kerusakan ekosistemnya.

Tim dari Wildlife Conservation Society (WCS) Bandar Lampung, sejauh ini telah berkoordinasi dengan BKSDA Seksi Wilayah II Kabupaten Seluma.

Karena bukan rahasia umum lagi, meski hewan langka yang dilindungi oleh negara, namun harimau sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) sudah masuk kedalam kategori critically endangered atau kritis.

WCS menyebut, status tersebut dikeluarkan oleh International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) sejak tahun 1996, karena diperkirakan populasi harimau sumatera, khususnya di Kabupaten Seluma terus menurun, akibat terkena jerat rusa para oknum tidak bertanggung jawab yang kerap kedapatan memasang jerat rusa di kawasan hutan lindung atau Taman Buru Semidang Bukit Kabu.

Kepala Seksi BKSDA Seksi Wilayah II Seluma, Darwis Saragih, menegaskan jumlah kamera trap yang dipasang mencapai 21 unit, yang seluruhnya terpasang secara tersembunyi di kawasan home range harimau.

“Kita bersama WCS akan memasang beberapa kamera trap sekitar 21 unit yang akan kita pasang ditempat-tempat yang diperkirakan lalu lintas harimau tersebut,” tegas Kepala Seksi Wilayah II BKSDA Kabupaten Seluma Darwis Saragih.

Lanjutnya, pemasangan kamera trap ini berguna untuk mengidentifikasi jumlah populasi harimau di Kabupaten Seluma saat ini, menyusul intensitas konflik satwa liar seperti harimau Sumatera atau beruang madu dengan manusia, meningkat secara signifikan di Kabupaten Seluma.

(Hari Adiyono)

Most Popular

To Top