Politik

Petugas Linmas Digaji Rp 400 Ribu

CamkohaNews – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Seluma telah menganggarkan gaji Satuan Pelindung Masyarakat (Sat Linmas) selaku pengaman Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebesar Rp 400 ribu/orang.

Total anggaran yang di siapkan KPU untuk tim pengaman TPS ini sebesar Rp 531,2 juta untuk 1.328 Linmas atau petugas pengaman TPS pemilu 2019 mendatang.

“Setiap TPS nya akan di jaga dua orang Linmas, sebagai petugas pengaman TPS,” terang Ketua KPU Seluma Sarjan, Efendi, SE.

Namum KPU Seluma mengeluhkan jumlah Linmas yang direkrut Pemkab Seluma saat ini yang baru berjumlah 400 orang. Oleh karena itu dirinya mengharapkan agar Pemkab Seluma dapat segera melakukan perekrutan Linmas kembali sebanyak 928 orang, untuk mencukupi kebutuhan Linmas dalam pemilu 17 April 2019.

Untuk melakukan perekrutan ini lanjut Sarjan, KPU meminta agar petugas Satlinmas disesuaikan dengan jumlah TPS yang ada di desa/kelurahan, dan untuk petugas Linmas  yang akan bertugas di TPS adalah warga asli desa/kelurahan yang lebih menguasai wilayah, sehingga pengawasan dan pengamanan pemilu dapat berjalan maksimal.

“Kalau sudah akan melaksanakan perekrutan lebih lanjut, agar berkoordinasi dengan KPU untuk menyesuaikan kebutuhan Linmas setiap desa/kelurahannya,” ucap Sarjan.

Untuk masa tugas Linmas yang bertugas di TPS tambah Sarjan, hanya satu hari atau selama proses pelaksanaan pemilu, yakni mulai dari pencoblosan hingga penghitungan suara dan termasuk juga melakukan pengawalan pengantaran kotak suara ke Kantor Desa/Kelurahan.

“Jadi gaji Rp 400 ribu tersebut untuk tugas selama satu hari, baik saat proses pencoblosan, penghitungan suara hingga ikut mengawal pengantaran kotak suara ke Kantor Desa/Kelurahan,” terang Sarjan.

(Hari Adiyono)

Berita Terkini

To Top