Seluma

Penenun Bumpak Dilatih Tenaga Ahli Dari Bali

CamkohaNews – Pelatihan Tenun Bumpak yang merupakan kerajinan tangan tradisional khas asli Seluma, akhirnya lebih diintensifkan Pemkab Seluma dengan melibatkan tenaga ahli dari Bali, menjelang pameran HAKI di Monas Jakarta pada 26 April 2018 mendatang.

Kadisperindagkop Seluma Mulyadi, S.Sos menegaskan, kegiatan pembinaan fasilitasi industri kecil menengah (IKM) dalam pengembangan Dekranasda Provinsi Bengkulu, yang dipusatkan di Balai Desa Kampai Kecamatan Talo akan digelar selama 10 hari, mulai dari tanggal 16 April – 25 April, dan diikuti peserta sebanyak 30 orang peserta yang terdiri dari 15 dari Desa Kampai dan Kelurahan Masmambang Kecamatan Talo.

“Iya kita latih para ibu-ibu di Desa Kampai dan Kelurahan Masmambang Kecamatan Talo ini untuk memperoleh banyak ilmu dalam mengembangkan kreasi tenun bumpak,” terang Mulyadi.

Kegiatan ini resmi dibuka langsung oleh Disperindag  Provinsi H. Lierwan, SE dan Hermen Malik selaku staf ahli Gubernur yang membidangi soal pengembangan kerajinan tangan tradisional.

Salah seorang pelatih tenun bumpak dari Bali, Ahmad Nurhasim Hamada yang biasa disapa Aam mengatakan, para peserta pelatihan ini saat ini masih mengalami kendala soal pewarnaan bahan baku benang lungsi.

“Para pengrajin tenun bumpak di Seluma ini masih banyak yang belum tahu proses dan kendala pewarnaan, jadi kita ajarkan dari teori hingga prakteknya,” terang Aam.

Seluruh hasil pelatihan ini, nantinya akan diikut sertakan dalam pameran Haki di Monas untuk memperoleh sertifikasi Indikasi Geografis (IG) sebelum dipatenkan menjadi produk khas asli Seluma.

(Hari Adiyono)

Berita Terkini

To Top