Kota Bengkulu

Pemkot Pasang Larangan Berjualan di Stadion Sawah Lebar

CamkohaNews – Sepanjang area Stadion Semarak Sawah Lebar mulai Jumat (28/12) pagi dipasang papan larangan berjualan.

Simbolis pemasangan dilakukan oleh Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi, didampingi Kasatpol PP Kota Bengkulu Mitrul Ajemi ditandai peletakkan material pemasangan permanen.

“Memang ada beberapa titik yang telah kita nyatakan tidak boleh berdagang. Kenapa kita buat seperti ini karena kita ingin wajah kota kita rapi, bersih, nyaman. Kita mengimbau kepada para pedagang silakan berjualan di tempat yang telah kita tentukan,” ujar Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi.

Masih dikatakan Wakil Walikota, kemarin ada solusi dari Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI) dengan berkoordinasi bersama Dispora Provinsi khusus pedagang durian musiman diperbolehkan berjualan di kawasan stadion namun bukan di atas trotoar, namun dipindahkan di dalam di lapangan Voli.

Dengan syarat sampahnya harus dikumpulkan dan dilakukan koordinasi dengan pihak kebersihan terkait pengelolaannya.

“Silakan berusaha, silakan berdagang, tapi jangan sampai misalkan ini trotoar dibangun dengan dana miliaran namun tidak bisa dilewati karena ada pedagang”, tegas Dedy.

Sementara itu Kasatpol PP Kota Bengkulu Mitrul Ajemi mengatakan, pemasangan papan larangan berjualan di atas trotoar dan badan jalan mengacu UU lalu lintas nomor 22 tahun 2009, dan Perda 03 tahun  2008.

Akhir tahun ini, sedikitnya ada 6 titik papan larangan berjualan di atas trotoar dan badan jalan yang dipasang. Termasuk papan larangan terkait kawasan tanpa rokok.

“Ini kita pasang di stadion, KZ Abidin, Pasar Minggu, terus di jalan Gedang, depan Balai Buntar, lalu di pasar Panorama. Sedangkan Papan larangan kawasan tanpa rokok (KTR) kita pasang di lingkungan kantor Bentiring, di taman bermain anak-anak”, ujar Mitrul.

Pemkot pun berharap agar kepedulian Pemprov untuk juga memasang papan larangan berjualan salah satunya di kawasan Pantai Panjang yang kini makin marak pedagang kaki lima. (Septi Fitriani)

Berita Terkini

To Top