Seluma

PDAM Tirta Seluma Berkah Resmi Gulung Tikar

CamkohaNews – Lantaran tak lagi memiliki sumber air baku dan anggaran operasional, salah satu BUMD terbesar yang ada di Kabupaten Seluma yakni PDAM Tirta Seluma Berkah akhirnya resmi gulung tikar.

Para karyawan sebanyak 15 orang yang selama ini bertugas, satu per satu mulai hengkang mencari pekerjaan layak lainnya, setelah 2 tahun terakhir tak mendapatkan penghasilan tetap.

Hal ini ditegaskan Direktur PDAM Tirta Seluma Berkah Ir. Sarjono yang kewalahan mengelola PDAM sejak dijabat akhir Desember 2015 lalu, karena tidak adanya sumber air baku dan dana operasional untuk mengganti pipa yang rusak, dan berimbas hilangnya 600 pelanggan sehingga tidak ada lagi pemasukan bagi PDAM.

“saat ini PDAM Seluma itu sudah benar-benar mati suri, dari 2017 sampai dengan sekarang ini, karyawannya sudah tidak ada lagi. Karena hampir 2 tahun gaji karyawan belum terbayarkan, sebabnya apa PDAM Seluma ini sumber air bakunya memang tidak ada untuk di Ibukota Kabupaten. Nah kalau ada sumber air bakunya, masih enak kita bisa beroperasi” terang Ir. Sarjono.

Sementara itu, Ir. Sarjono juga prihatin akan minimnya perhatian pemerintah daerah dan sejumlah pihak yang berimbas akan gagalnya program untuk menyuplai persediaan air bersih ke tiap rumah penduduk di Ibukota Kabupaten.

Sementara itu, Diakuinya ditahun 2016 lalu PDAM Tirta Seluma Berkah mendapat suntikan dana melalui bantuan hibah sebesar Rp 50 Juta yang dijanjikan pemkab Seluma namun gagal direalisasikan,lantaran alasan adanya larangan dari BPK terkait hibah.

(Hari Adiyono)

Most Popular

To Top