Berantas Korupsi

Parlin Purba Dihukum 5 Tahun Penjara

CamkohaNews – Parlin Purba mantan Kasi 3 Intelejen Kejati Bengkulu di vonis majelis hakim dengan hukuman 5 tahun penjara dan denda 200 juta subsidaer 3 bulan kurungan.

Majelis hakim yang diketuai oleh Gabriel Siallagan ini menyatakan terdakwa Parlin terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama.

Dalam proses persidangan, sebanyak 15 orang saksi dihadirkan oleh jaksa penuntut umum untuk membuktikan bahwa terdakwa terbukti melakukan korupsi dengan cara meminta uang kepada kontraktor yang mengerjakan proyek pembangunan irigasi di Desa Air Manjuto Kabupaten Mukomuko dan Desa Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan.

Fakta hukum yang terbukti dalam persidangan, permintaan uang bermula ketika saksi bernama Agus Kisut menemuinya dan mengatakan pengerjaan proyek di 2 titik lokasi tersebut bermasalah, sehingga terdakwa Parlin bersama dengan atasannya Edi Sumarno langsung melakukan pertemuan untuk memanggil pihak BWSS 7 dan pihak kontraktor, yaitu Rico Diansari dan Murni Suardi.

Uang Rp 150 juta yang diberikan kepada atasannya Edi Sumarno bertujuan agar Kejati tidak melakukan pengusutan. Dalam putusan tersebut, Parlin mengatakan kepada majelis hakim menerima putusan dan tidak akan melakukan upaya banding. Parlin mengaku putusan hakim sudah adil dan hukuman ini merupakan tanggung jawabnya.

(Agud Faizar)

Berita Terkini

To Top