Berantas Korupsi

Oknum Kepala Puskesmas Dituntut Kurungan 6 Tahun

CamkohaNews – Adik Kandung Sekda Kota Bengkulu Syuhadatul Islami alias Lemi yang merupakan Kepala Puskesmas Betungan dituntut Penuntut umum KPK dengan hukuman 6 tahun penjara dan denda 200 juta subsidaer 6 bulan kurungan penjara.

Tindak pidana suap terhadap hakim menodai lembaga peradilan yang merupakan benteng terakhir dalam mencari keadilan, sehingga citra lembaga peradilan kembali terpuruk. Dalam persidangan 16 orang saksi dihadirkan ke persidangan untuk membuktikan bahwa terdakwa Lemi melakukan upaya suap kepada majelis hakim.

Memberikan hadiah uang sebesar 125 juta kepada Terdakwa Suryana dan Hendra Kurniawan dengan tujuan meminta keringanan hukuman untuk adiknya Wilson yang terjerat perkara korupsi di DPPKA Kota Bengkulu yang akhirnya dijatuhkan hukuman oleh Majelis Hakim 1 tahun 3 bulan penjara.

Untuk meringankan hukuman terhadap Wilson, terdakwa Lemi meminta tolong kepada saksi Suhermi dan Daniar pensiunan Panitera di Pengadilan Negeri Bengkulu untuk meminta tolong kepada Majelis Hakim yang saat itu diketuai oleh Kaswanto. Hal tersebut dilakukan oleh terdakwa agar adiknya Wilson tidak dipecat sebagai PNS.

Keinginan tersebut akhirnya dikomunikasikan dengan Suryana yang saat itu menjadi Hakim Anggota. Uang 125 juta yang disipkan oleh Lemi diberikan secara bertahap.

Tahap awal Uang 50 juta diserahkan kepada Suryana di Kantor PN Bengkulu melalui Hendra Kurniawan dan kemudian diminta oleh terdakwa Suryana melalui rekannya Zeni Zainal untuk diantarkan dan diserahkan kepada mertuanya.

Berita Terkini

To Top