Berantas Korupsi

Oknum BKD Kaur Bagi-bagi Uang Pungli

CamkohaNews – Dua terdakwa pungli yang tekena OTT Tim Saber pungli Jatanras Polda Bengkulu, yakni Daruslan Kabid Mutasi BKD Kab. Kaur dan Budisyah Gunawan Kasubbid Pengadaan, Pemberhentian dan Profesi ASN BKD Kaur, didakwa melanggar pasal 12 huruf e UU nomor 31 tahun 1999 junto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Menurut jaksa penuntut Rizky Musriza, yang membacakaan dakwaan ini, dalam menjalankann aksinya tersebut, terdakwa menyertakan pemaksaan supaya korban menyerahkan uang tersebut.

“Ada semacam paksaan, apabila tidak memggunakan uang maka maka ditahan SK nya,” ujar Rizki usai membacakan dakwaan di hadapan majelis hakim dan terdakwa didampingi kuasa hukumnya Tarmizi Gumay cs.

Keduanya didakwa telah melakukan pungli kepada para tenaga medis yakni bidan dan dokter tidak tetap yang diangkat menjadi CPNS di Pemkab Kaur, dengan total Rp 440 juta.

Dalam berkas dakwaan budisyah gunawan, uang Rp 440 juta yang diperoleh dari para korban ini, dinikmati berdua dengan rincian Rp 160 juta untuk terdakwa Budisyah Gunawan dan Rp 40 juta untuk terdakwa Daruslan.

Sedangkan sisanya yakni Rp 240 juta digunakan untuk biaya operasional selama pengurusan SK CPNS tersebut.

Menanggapi dakwaan kliennya Daruslan ini, Tarmizi mengaku akan membuktikan di persidangan.

“Ini bukan soal benar dan tidak, dakwaan itu haknya jaksa, nanti akan kita buktikan di persidangan,” ujar Tarmizi di luar ruang sidang pada Selasa (5/12) siang.

Aliantoro

Berita Terkini

To Top