Berita Utama

Mulai Memanas Saat Adu Cakap Penataan Wisata

CamkohaNews – Salah satu topik yang sempat menjadi perhatian hangat dari ke-4 Paslon adalah soal penataan pariwisata.

ESD atau Erna Sari Dewi, sempat menyoroti tidak adanya konsep dan grand design pengembangan dan penataan pariwisata di Kota Bengkulu.

ESD menegaskan hal ini seharusnya menjadi langkah dasar yang harus dilakukan, adalah merumuskan desain keseluruhan penataan dan pengembangan wisata sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Sementara itu Paslon David-Bakhsir menegaskan, konsep pembangunan wisata haruslah menyeluruh termasuk hingga para pelaku ekonomi wisata tingkat bawah.

David menegaskan, jangan sampai pengunjung wisata yang berkunjung, justru merasa kapok dan tidak lagi berminat untuk kembali datang berkunjung. Harus ada yang benar-benar bisa dinikmati serta pengunjung bisa mendapatkan pengalaman unik saat berwisata.

Sementara itu, Paslon Linda-Mirza menegaskan konsep penataan dan pembangunan wisata sudah ada berupa peraturan daerah, hanya saja selama ini belum pernah direview. Hal ini disampaikan Linda, untuk mengkoreksi pernyataan Erna Sari Dewi yang menyebut Kota Bengkulu selama ini belum memiliki grand design penataan wisata yang menyeluruh.

Linda menambahkan, penataan wisata haruslah merujuk pada konsep serta target capaian, yang mengacu pada pengembangan potensi yang dimiliki. Yang tidak kalah penting, menurut Linda adalah menyiapkan SDM, salah satunya dengan advokasi para tenaga pariwisata.

Calon petahana Helmi Hasan, menyatakan penataan pariwisata merupakan salah satu hal penting dalam mensejahterakan ekonomi masyarakat. Beberapa terobosan menurutnya sudah ia lakukan selama 5 tahun kepemimpinannya, diantaranya adalah gelaran Karnaval Batik Besurek yang sukses mengangkat citra Batik Kain Besurek Bengkulu hingga ke level nasional.

Hal lain yang dilakukan adalah revitalisasi sejumlah sarana wisata yang ada maupun membangun sarana baru seperti penataan ulang China Town, hingga pembangunan RTH Taman Pantai Berkas melalui dana APBN.

Hal ini menurutnya akan dilanjutkan dengan terus memperbanyak ruang terbuka hijau, dan jangan ada lagi ruang kosong.

(Prio Susanto)

Most Popular

To Top