Ekonomi & Bisnis

Merk Produk Lokal Harus Segera Dipatenkan!

CamkohaNews – Banyaknya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Seluma, tak dipungkiri memberikan dampak yang positif bagi perekonomian daerah.

Namun, masih banyaknya produk UMKM di Seluma yang belum dipatenkan, mengundang keprihatinan dari Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu.

Hal ini yang dilakukan Kemhumham Bengkulu dengan melakukan sosialisasi, terhadap para produsen produk lokal yang ada di Kabupaten Seluma, seperti kain tenun Bumpak, minuman olahan jahe, dan produk kerajinan lainnya.

Bunyamin, SH. MH, selaku Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Ham Kantor wilayah kemhumham Bengkulu menegaskan, mempatenkan merk produk sangat penting, untuk menghindari tindakan pemalsuan atau ditiru pihak lain.

“Pelaku UMKM di Seluma harus segera mempatenkan merk produk yang mereka jual agar tidak saling klaim, tak hanya saling diklaim merk produk sesama warga negara Indonesia, namun mirisnya justru banyak yang dipatenkan oleh negara lain,” ungkap Bunyamin.

Lanjutnya, ketika saling klaim merk produk yang terjadi akhirnya merambah ranah hukum, yang urusannya bakal panjang dan melelahkan.

Dalam pertemuan ini, dan Sekretaris Pemkab Seluma Irihadi, MSi meminta seluruh produsen pengrajin lokal yang ada di Kabupaten Seluma, untuk segera melengkapi persyaratan administrasi yang telah diutarakan pihak Kemhumham Bengkulu, melalui Disperindagkop dan UKM Kabupaten Seluma.

“Makanya saya imbau UMKM di Seluma jangan sampai tidak didaftarkan merek produk yang sudah dihasilkan ke Kemhumham lewat Disperindagkop Seluma,” tegas Irihadi.

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM di Kabupaten Seluma yang memproduksi minuman olahan jahe merah, Suroso (50) sempat terkejut dan menganulir produk buatannya yang lebih dulu terdaftar oleh sebuah perusahaan dan telah dipatenkan merk produknya dari Kemenkumham RI, meskipun diketahui asal produk yang dihasilkan berasal dari UMKM miliknya.

“Iya saya tetap berprasangka baik saja, meski produk usaha kami diklaim perusahaan lain, yang penting nanti saya konfirmasi dengan pemilik perusahaan tersebut”, ucap Suroso.

(Hari Adiyono)

Berita Terkini

To Top