Berita Utama

Menteri PP-PA: 7 dari 12 Tsk Tak Bisa Dihukum Berat !

CamkohaNews – Ada fakta miris, yang diungkapkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA), Prof Dr Yohana Yembise. Yohana Yembise menyatakan bahwa hukuman kepada 7 dari 12 pelaku pemerkosa Yuyun yang berada dibawah umur, paling maksimal hanya 10 tahun.

Hal ini disampaikan Yembise saat mengunjungi rumah keluarga Yuyun di Desa Kasie Kasubun Kecamatan Padang Ulak Tanding – Rejang Lebong Kamis (5/5) siang.

Yembise menegaskan dalam UU Peradilan Anak, tidak ada hukuman seumur hidup dan hukuman mati pada pelaku kriminal yang usianya masih dibawah 18 tahun.

“Hal itu sudah diatur dalam konvensi hak anak, hukuman tersebut hanya sepertiga dari tuntutan pada pelaku dewasa,” tegas Yembise di depan keluarga korban Yuyun.

Meski demikian, untuk para pelaku yang sudah berusia lebih dari 18 tahun, bisa dituntut hingga 30 tahun maksimal. Sebagaimana 5 dari 12 pemerkosa Yuyun yang sudah berhasil ditangkap memang berusia dewasa.

“Itu sudah komitmen global di seluruh dunia, kita tidak bisa melanggar itu,” sambung Yembise.

Namun, karena kasus Yuyun merupakan salah satu kasus kekerasan terburuk yang pernah terjadi, Kementerian yang ia pimpiun akan melakukan upaya intervensi selama proses kasus ini. Terlebih sehari sebelumnya, Presiden Ri, Joko Widodo sudah menegaskan meminta pelaku dihukum seberat-beratnya.

(Prio Susanto)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini

To Top