Berita Utama

Lion Tegaskan Pilot Hanya Ikuti Arahan Petugas

CamkohaNews – Manajemen Lion Air Grup akhirnya memberikan klarifikasinya, terkait insiden pesawat Lion Air JT-633 yang menabrak tiang rambu koordinat di Bandara Fatmawati Soekarno pada Rabu (7/11) malam.

Dalam release resmi yang dikirim oleh Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, disebutkan bila pilot sepenuhnya sudah mengikuti instruksi serta arahan dari petugas Aircraft Movement Control (AMC) Bandara Fatmawati.

Bahkan menurut Danang Mandala Prihantoro, sudah ada pernyataan permintaan maaf langsung dari personal petugas AMC yang bertugas saat insiden terjadi.

Sebelumnya Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group, dengan rute Bandar Udara Fatmawati Soekarno, Bengkulu (BKS) tujuan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, mengalami insiden di menjelang take off pada Rabu malam.

Danang menegaskan, Pergerakan pesawat dari landas parkir (apron) menuju landas hubung (taxiway) di Bandar Udara Fatmawati Soekarno harus dipandu oleh petugas. Petugas yang dimaksud adalah dari unit Aircraft Movement Control (AMC) yang merupakan personel dari pengelola bandar udara.

Dalam hal ini Penerbangan JT-633 dengan registrasi pesawat PK-LGY, dalam pergerakannya telah mengikuti panduan dan petunjuk serta tanda dari personel Aircraft Movement Control (AMC) tersebut. Namun pada saat terjadi pergerakan lekukan ujung sayap menyenggol tiang koordinat.

“Kami telah menerima dokumen berupa surat pernyataan dari personel AMC yang bertugas memandu pesawat tersebut yang isinya berupa permohonan maaf atas terjadinya insiden dimaksud,” pungkas Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Lion Air.

(Tim Liputan)

Most Popular

To Top