Politik

KPU Provinsi Gelar Sosialisasi Goes to Campus

CamkohaNews – Mensosialisasikan penyelenggaraan Pemilu 2019, Kamis pagi (2/11) KPU Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan Goes to Campus. Merupakan penyelenggaraan kedua, Program Goes to Campus kali ini menyasar Universitas Bengkulu.

Sosialisasi mengenai teknis penyelenggaraan pemilu 2019 ini dilakukan 2 komisioner KPU Provinsi Bengkulu Eko Sugianto dan Emex Verzoni. Kegiatan ini dibuka Wakil Rektor 4 Universitas Bengkulu Ardilafiza.

Saat membuka kegiatan sosialisasi ini, Ardilafiza menyampaikan banyaknya mahasiswa Unib yang berasal dari luar Bengkulu menjadi kendala setiap kali pelaksanaan pemilu. Besarnya biaya untuk pulang ke kampung halaman kerap menjadi alasan mahasiwa memilih untuk tidak menggunakan hak suaranya.

“Iya itulah permasalahannya, mahasiswa kami ini kan banyak dari Medan, Palembang sama Padang. Jadi sering tidak menggunakan hak pilihnya,” ujar Ardilafiza.

Terkait hal tersebut, komisioner KPU Provinsi Bengkulu Eko Sugianto berharap mahasiwa pulang ketempatnya terdaftar sebagai pemilih untuk menggunakan hak suara 17 April mendatang.

Jika tidak pulang, mahasiswa yang sudah terdaftar sebagai pemilih disarankan mengurus surat pindah memilih atau A5.

“Sebaiknya pulang, kalau tidak ya pake formulir pindah memilih namun hak yang didapat tidak akan sepenuhnya,.” Eko Sugianto menjelaskan.

Pemilih yang pindah lokasi memilih memang akan mendapat batasan surat suara. Jika pindah antar provinsi maka pemilih hanya akan mendapat surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden.

Sementara jika antar kabupaten dalam Provinsi Bengkulu maka pemilih mendapat surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI serta DPD RI dan seterusnya.

Meski demikian, secara keseluruhan sosialisasi Goes to Campus yang dilakukan KPU Provinsi Bengkulu mendapat apresiasi karena memberi pencerdasan politik pada mahasiswa Universitas Bengkulu.

Mahasiwa diharapkan dapat meneruskan ilmu yang didapat untuk mencerdaskan masyarakat disekitar tempat tinggalnya.

(Raffly Agung Okiarlis)

Most Popular

To Top