Politik

KPU Ingatkan 3 Jenis Laporan Dana Kampanye

CamkohaNews – Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Seluma, Senin (10/9) pagi sekitar pukul 09.00 wib menggelar Bimtek Sistem Pelaporan Dana Kampanye Pemilu Serentak tahun 2019 tingkat Kabupaten Seluma.

Dalam bimtek ini, Ketua KPU Seluma Sarjan Efendi, SE menjelaskan, ada tiga jenis laporan dana kampanye yang berkaitan dengan pemilu, baik pemilu presiden maupun pemilu legislatif.

Tiga jenis laporan yang dimaksud adalah laporan awal dana kampanye (LADK), laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK), dan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK).

Laporan awal dana kampanye tersebut, diserahkan ke KPU Kabupaten Seluma yaitu 23 September 2018.

Laporan penerimaan sumbangan dana kampanye diserahkan pada tgl 2 januari 2019.

Sementara itu, untuk laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye, diserahkan ke KAP mulai 26 April sampai 2 Mei 2019.

Sarjan menjelaskan, LPPDK ini berisi berkaitan penerimaan dan pengeluaran pasangan calon dan partai politik selama kampanye.

Sanksi peserta pemilu yang tidak atau terlambat menyampaikan LADK sampai batas waktu 23 September 2018, akan dikenakan sanksi pembatalan sebagai peserta pemilu 2019, sedangkan apabila tidak atau terlambat menyampaikan LPPDK berimbas terhadap pembatalan sebagai calon terpilih pada wilayah pemilihan yang bersangkutan

Selain itu, peserta pemilu yang menerima sumbangan yang dilarang, juga dikenakan sanksi sesuai ketentuan Undang-Undang yang mengatur mengenai Pemilu.

“Pentingnya sosialisasi bimtek ini, masing-masing peserta pemilu yang belum paham untuk lebih aktif berkoordinasi dengan KPU,” ujar Sarjan.

(Hari Adiyono)

Most Popular

To Top