Bengkulu Utara

Kota dan Bengkulu Utara Raih Predikat Kepatuhan Tertinggi dari Ombudsman

CamkohaNews – Sama seperti tahun sebelumnya, tahun ini Ombudsman Perwakilan Bengkulu kembali menggelar survei standar pelayanan publik di 5 entitas se-Provinsi Bengkulu.

Dari hasil survei tersebut, 2 diantaranya yaitu Kota Bengkulu dan Bengkulu Utara mendapat predikat tingkat kepatuhan tinggi atau masuk zona hijau dengan nilai diatas 80.

Piagam dan predikat tersebut langsung diberikan Ombudsman RI pada Walikota Helmi Hasan dan Bupati Mian di Jakarta.

Sementara 3 lainnya yaitu Kabupaten Lebong mendapat zona kepatuhan sedang atau zona kuning serta Bengkulu Selatan dan Mukomuko mendapat predikat tingkat kepatuhan rendah atau zona merah. Khusus untuk Kabupaten Mukomuko, hasil survei tersebut merupakan penurunan prestasi karena tahun lalu sudah masuk zona kuning dengan tingkat kepatuhan sedang.

Dalam survei yang dilakukan ini, Ombudsman hanya menilai ada atau tidaknya standar pelayanan publik yang diberikan pemerintah daerah. Beberapa ketentuan penilaian dalam survei juga sudah diatur sesuai undang undang tentang pelayanan publik.

“Walau pun masuk zona kepatuhan tingkat tinggi, hal tersebut tidak secara otomatis mencerminkan tingginya indeks persepsi mal administrasi,” terang Asisten Ombudsman Perwakilan Bengkulu, Irsan Hidayat.

Karenanya sama seperti Pemerintah Provinsi Bengkulu yang sudah mendapat zona hijau survei tahun lalu, penilaian terhadap Kota Bengkulu dan Bengkulu Utara tahun depan akan ditingkatkan pada indek persepsi mal administrasi.

Untuk kedua entitas yang sudah masuk zona hijau, Irsan berharap standar yang sudah ada direalisasikan agar penilaian indeks persepsi mal administrasi tahun depan juga tetap tinggi.

Sementara untuk entitas yang masih dizona kuning dan merah, pendampingan akan dilakukan agar seluruh entitas di Provinsi Bengkulu mendapat predikat tingkat kepatuhan tinggi.

(Raffly Agung Okiarlis)

Berita Terkini

To Top