Berantas Korupsi

Konsultan Pemukiman Kumuh Divonis 4 Tahun

CamkohaNews – Tulus Sumedi, konsultan proyek peningkatan infrastruktur pemukiman kumuh, divonis 4 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Bengkulu.

Selain itu terdakwa juga diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp 490 juta, yang harus dibayar dalam satu bulan atau akan dilakukan sita harta benda dan kurungan selama 6 bulan penjara.

Meski demikian vonis hukuman ini masih lebih ringan dari tuntutan JPU, yang meminta agar terdakwa dihukum 5 tahun penjara.

Majelis Hakim yang di ketuai oleh Jonner Manik, menilai Tulus sudah mendapat keuntungan pribadi sebesar Rp 490 juta, saat pengerjaan proyek peningkatan infrastruktur pemukiman kumuh bersama mantan Kadis PUPR Provinsi Bengkulu, Andi Roslinsyah dan 7 orang aktor intelektual lainnya.

Dalam perannya, Tulus menggunakan PT.Cipta Wahana Konsultan untuk menjalankan praktek korupsinya, padahal dirinya tidak memiliki instansi.

Selain itu, Tulus yang menerima aliran dana 490 juta ini memiliki andil vital atas pelaksanaa  proyek yang tidak sesuai dengan kontrak tersebut.

(Agus Faizar)

Most Popular

To Top