Berita Utama

KM Arung Samudra Tenggelam, 7 Nelayan Hilang

CamkohaNews – Cuaca buruk yang terjadi sejak beberapa pekan terakhir, akhirnya menelan korban. Kali ini sebuah kapal nelayan jenis bagan asal Pelabuhan Nelayan Pulau Baai Bengkulu, dilaporkan tenggelam pada hari Jumat (3/8) subuh sekitar pukul 05.00 WIB akibat dihantam cuaca buruk.

KM Arung Samudra berangkat dari Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu pada hari Kamis (2/8) petang sekitar pukul 19.00 WIB.

Namun pada Jumat Subuh, pada jarak sekitar 33 mil dari pintu Alur Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu arah Barat Daya (arah P. Mego), kapal dihantam ombak dan tenggelam. Saat itu total crew termasuk kapten kapal diketahui berjumlah 10 orang.

Lalu pada hari Minggu pagi (5/8) korban atas nama Defi (38 th) ditemukan di dalam fiber (box ikan) kemudian ditolong oleh kapal pukat cincin Sibolga di perairan Mentawai Pulau Sikakap.

Lalu di hari yang sama sekitar pukul 18.00 WIB, korban atas nama Azis dan Pii ditemukan oleh kapal bagan nelayan Bengkulu di peraiaran Sikakap Mentawai dalam keadaan selamat.

Info kejadian diperoleh dari Call center Lanal Bengkulu 0823-8007-0700 dan nelayan yang berada di Pelabuhan TPI Pulau Baai, pada hari Minggu tgl 5 Agustus 2018 pukul 16.00 WIB melalui Radio komunikasi nelayan pukat cincin Sibolga dan Kapal Nelayan Bagan KM Nadia, Radio ICOM Frek 8.4050.

Mendapat informasi tersebut, Lanal Bengkulu langsung berkoorinasi dengan pihak Lantamal II dan Lanal Mentawai serta instansi lainnya termasuk Tim SAR gabungan.

Kemudian Lanal Bengkulumengerahkan unsur KAL Pulau Mego II- 2 – 15, untuk melaksanakan upaya pencarian lanjutan, yang juga kembali digelar pada Senin (6/8) pagi.

Hingga saat ini masih 7 ABK yang belum ditemukan, sementara kapten kapal dan 2 ABK sudah ditemukan dalam kondisi selamat.

Daftar nama Kapten Kapal dan ABK Arung Samudra :

  1. Azis, Kapten Kapal dan pemilik kapal ( Telah diketemukan ).
  2. Dion
  3. Okta
  4. Defi ( Telah diketemukan ).
  5. Ikko
  6. Alo
  7. Dadok
  8. Siat
  9. Aldo
  10. Pi’i ( Telah diketemukan).

(Tim Liputan RBTV)

Most Popular

To Top