Berita Utama

Keren, Desa Ini Asuransikan 30 Lansia-nya

Kades Mekar Jaya usai menandatangani kesepakatan bersama pihak BPJS Seluma.

CamkohaNews –  Sebanyak 30 warga lansia di Desa Mekar Jaya Kecamatan Ulu Talo, perdana memperoleh Jamkesdes yang langsung dianggarkan melalui APB-Des.

Ini merupakan terobosan baru bagi Desa Mekar Jaya Kecamatan Ulu Talo, yang tidak seluruh Dana Desa yang diterima sebesar Rp 700 jutaan, habis digunakan untuk pekerjaan fisik pembangunan infrastruktur.

“Ini inisiatif kami untuk membantu masyarakat miskin terutama lansia untuk mendapat jaminan kesehatan. Karena pengalaman sebelumnya, ada warga kami yang kesulitan saat masuk ke IGD di rumah sakit Bengkulu, lantaran surat pengantar Jamkesda dari Dinas Sosial Seluma tidak berlaku bagi pasien miskin.” tutur Kades Mekar Jaya, Ahmad Nurodin.

Kades Mekar Jaya menambahkan untuk sementara ini, dari 288 KK baru dianggarkan dana Jamkesdes sebesar Rp 9 jutaan, yang diperuntukan khusus bagi 30 warga lansia selama 12 bulan lamanya, dengan rincian iuran yang ditanggung sebesar Rp 25.500,- per orang.

Sebelumnya perangkat desa khawatir, penggunaan Dana Desa untuk memperoleh jaminan kesehatan bagi warga miskin ini akan bermasalah dikemudian hari. Namun setelah lulus verifikasi di kecamatan, program ini akhirnya dapat berjalan.

“Kami sangat mengapresiasi Kades Mekar Jaya yang sudah peduli dengan masyarakat yang kurang mampu untuk didaftarkan dalam Jamkesdes. Jadi untuk Kades lainnya yang ada di Kabupaten Seluma tidak perlu khawatir, jika anggaran Dana Desa-nya digunakan untuk kebutuhan kesehatan bagi warga yang kurang mampu,  karena sudah diatur di dalam Permendagri,” tegas Rizki Lestari, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu.

(Hari Adiyono)

Berita Terkini

To Top