Politik

Jumlah Dapil Seluma Batal Dipecah Jadi 5 Dapil

KPU Kabupaten Seluma tengah mensosialisasikan SK KPU RI tentang penetapan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD serta tahapan pemilu 2019.

CamkohaNews – Keluarnya Keputusan KPU RI nomor 270/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018 tentang penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota, membuat KPU Kabupaten Seluma bergegas mensosialisasikannya.

Rabu pagi (9/5) KPU Seluma menggelar acara sosialisasi keputusan Daerah Pemilihan dan alokasi kursi DPRD di aula Hotel Arnanda Kelurahan Pasar Tais.

Seluruh pimpinan partai politik di Kabupaten Seluma hadir dalam acara tersebut. Dalam kegiatan ini, Ketua KPU Kabupaten Seluma Rosdi Efendi, S.pd dan Divisi Teknis, Sarjan Efendi, SE bertindak sebagai pemateri.

Sarjan Efendi menginformasikan bahwa untuk Kabupaten Seluma tetap terdiri 4 Dapil untuk DPRD Kabupaten dengan jumlah 30 kursi. Sedangkan untuk tingkat provinsi, Kabupaten Seluma sebagai Dapil 7 dari 10 Kabupaten/Kota seprovinsi Bengkulu dengan jumlah 5 kursi.

Menindaklanjuti putusan PTUN bernomor 56/G/SPPU/2018/PTUN.JKT, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) sebagai peserta Pemilu tahun 2019, dan menetapkan nomor 20 sebagai nomor urut PKPI peserta Pemilu 2019.

KPU RI akhirnya tetap menetapkan ada 4 Daerah pemilihan di Kabupaten Seluma, dalam Pemilihan Umum tahun 2019 untuk Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seluma, sehingga memupuskan rencana dapil di Seluma yang semula akan dipecah menjadi 5 Dapil.

Komisioner KPU Seluma Divisi Teknis Sarjan Efendi menegaskan, pertimbangan jumlah dapil tetap sebanyak 4 Dapil namun dengan perubahan nama, yakni memperhatikan kesetaraan alokasi kursi antar dapil, agar tetap terjaga perimbangan alokasi kursi setiap dapil.

“Alokasi kursi tertinggi jika opsi 4 Dapil adalah 10 kursi dan terendah 6 kursi, sedangkan jika opsi 5 dapil maka dapil tertinggi hanya 8 kursi dan terendah 4 kursi. Nah, dari 2 opsi dapil mempunyai rentang yang sama, maka diusulkan untuk tetap 4 dapil”, terang Sarjan.

Daerah Pemilihan tersebut terdiri dan meliputi:
a. Daerah Pemilihan 1: meliputi Kecamatan Seluma, Seluma Barat, Seluma Selatan, Seluma Timur, dan Seluma Utara dengan alokasi 7 kursi.

b. Daerah Pemilihan 2: meliputi Kecamatan Talo, Ulu Talo, Talo Kecil, dan Ilir Talo dengan alokasi 7 kursi.

c. Daerah Pemilihan 3: meliputi Kecamatan Semidang Alas dan Semidang Alas Maras dengan alokasi 6 kursi.

d. Daerah Pemilihan 4: meliputi Kecamatan Sukaraja, Air Periukan, dan Lubuk Sandi dengan alokasi 10 kursi.

(Hari Adiyono)

Berita Terkini

To Top