Berita Utama

Ini Kronologi Ratusan Karyawan PTPN 7 Padang Pelawi Mogok Kerja

Suasana aksi mogok kerja karyawan di bundaran depan kantor sentral PTPN 7 Unit Usaha Padang Pelawi Kecamatan Sukaraja.

CamkohaNews – Sekitar 500 Tenaga Harian Lepas (HL) PTPN 7 Unit Usaha Padang Pelawi Kecamatan Sukaraja Minggu (10/6) pagi sekitar pukul 06.00 wib, kali kedua menggelar aksi mogok kerja di bundaran depan kantor sentral PTPN 7 Unit Usaha Padang Pelawi setelah sehari sebelumnya digelar pada Sabtu (9/6).

Sebagian besar tenaga harian lepas yang sudah 4 tahun bekerja dan menerima gaji berkisar Rp 1,6 juta perbulannya, meminta diperhatikan mulai status mereka, dan mempertanyakan hak mereka, yakni berupa tunjangan hari raya (THR) yang dibayar tidak sebulan penuh.

“kami ini hanya mau kejelasan status kami ini apakah bisa diangkat menjadi tenaga tetap atau tidak, kemudian dari jaminan kesehatan dan THR tidak ada”, ucap Ma’ruf salah seorang karyawan.

Para karyawan awalnya diarahkan pihak managemen PTPN 7 untuk berkumpul ke Gedung Serba Guna PTPN 7 agar dapat lebih fokus menyampaikan data perusahaan, namun arahan manager ditolak para karyawan sehingga diarahkan berkumpul di halaman rumah dinas Manager yan tepat didepan Kantor Sentral PTPN 7 Unit Usaha Padang Pelawi.

Manager PTPN 7 Unit Usaha Padang Pelawi yang baru dijabat Hendra Putra menegaskan, pihaknya tetap mentaati aturan direksi, karena status para karyawan tersebut adalah harian lepas atau karyawan buruh borong PB74, dibawah naungan sebuah Koperasi yang berada di PTPN 7.

“pada prinsipnya, ini hanya miss komunikasi, kami ingin berupaya meningkatkan kesejahteraan para karyawan, habis lebaran seluruh hak karyawan mulai dari BPJS yang belum diurus kita bantu urus, dan gaji mereka akan dibayarkan sistem transfer ke setiap rekening setelah bulan Juli mendatang”, terang Manager PTPN Hendra Putra.

Sementara itu, Ketua Koperasi Iman Tajiman terkait jaminan kesehatan pihak perusahaan menekankan kepada seluruh karyawan harian lepas, untuk segera mengurus sendiri KTP-el di Dinas Dukcapil Seluma karena akan berpengaruh mengurus BPJS di koperasi PTPN 7 Unit Usaha Padang Pelawi.

(Hari Adiyono)

Berita Terkini

To Top