Ekonomi & Bisnis

Ini Kenapa Harus Gunakan Sparepart Asli Honda

CamkohaNews – Rantai Honda atau Honda Drive Chain dirancang secara maksimal hingga mampu menarik beban hingga 2 ton. Hal ini dikarenakan Honda Drive Chain dibuat menggunakan baja khusus.

Komponen Gir depan (Sproket Drive) dan Gir belakang (Sprocket Driven) terbuat dari material berkualitas tinggi dan tingkat pengerjaannya presisi yang disesuaikan dengan spesifikasi dan ukuran rantai roda Honda supaya bisa menghasilkan  usia pemakaian yang optimum.

Material yang digunakan sendiri adalah paduan dari chrome dan molybdenum yang diproses canggih sehingga menghasilkan tegangan tarik yang sangat kuat mencapai 2 ton.

Honda Chain Kit merupakan salah satu komponen sepeda motor yang tahan lama karena menggunakan komponen presisi dan pelumasan berkualitas tinggi serta tahan panas.

Hal ini membuat umur rantai lebih bertahan lama. Alhasil, fungsi rantai meneruskan daya putar mesin motor melalui gir depan dan gir belakang untuk menggerakkan roda dapat berjalan lancar sementara gir bisa menghasilkan rasio putaran yang dihubungkan melalui rantai roda sehingga didapatkan putaran yang maksimal dan efisien ke roda belakang.

Adapun untuk mengetahui rantai asli Honda Drive Chain Kit, hal yang perlu dicermati adalah adanya tulisan AHM disambungan rantai.

Perawatan Honda Drive Chain Kit tergolong mudah dimana Honda Drive Chain Kit hanya boleh dilumasi dengan pelumas rantai (tidak boleh menggunakan oli bekas, solar, bensin atau minyak).

Sangat disarankan menggunakan AHM Oil Chain Lube karena memiliki tingkat kekentalan yang rendah (low viscosity) sehingga bisa masuk ke sela-sela rantai motor dan membuat performa rantai menjadi optimal dan tahan lama.

Bersihkan selalu rantai motor Honda Anda setiap 2.000 km dan lumasi dengan AHM Oil Chain Lube. AHM Oil Chain Lube bisa di beli di toko sparepart terdekat dengan Harga Rp. 18.000,-.

Pemakaian material yang salah mempu membuat larut grease yang terdapat diantara pin dan bush. Selanjutnya pastikan rantai mempunyai ketegangan yang cukup.

Karena jika rantai terlalu kencang, maka beban tariknya akan berlebih. Sebaliknya, jika rantai terlalu kendur akan mengakibatkan rantai terlepas dari mata gir (Loss).

Christianto Atmadibrata selaku Spare Part Manager Astra Motor Bengkulu mengungkapkan bahwa perlu melakukan pengecekan rantai secara berkala dan melakukan penggantian sesuai petunjuk buku service.

Sangat disarankan untuk secara bersamaan mengganti gir depan, gir belakang dan rantai roda karena usia pakai dari ketiga parts tersebut adalah sama. Honda Drive Chain dibanderol mulai dari Rp 155.000,- (Harga menyesuaikan dengan tipe Sepeda Motor). (rls)

Berita Terkini

To Top