Berita Utama

Ingu Bangau Tong Tong, Warga Talang Kabu Diciduk

CamkohaNews – Lantaran memelihara salah satu satwa yang masuk kategori langka dan dilindungi undang-undang, yakni berupa dua ekor Bangau tong tong (leptoptilos javanicus) berumur 10 bulan, B-A (40) warga Desa Talang Kabu Kecamatan Ilir Talo, harus berurusan dengan pihak berwajib.

Dua ekor Bangau tong-tong ini diamankan Unit Tipidter Polres Seluma, beserta Opsnal pada Rabu (30/5) petang sekitar pukul 18.00 WIB.

Menurut pemiliknya burung bangau tersebut, didapat dari hutan saat sedang berburu, namun karena dipelihara dari kecil hingga selama 10 bulan ini, bangau tersebut kemudian akan diperjualbelikan.

“Sekitar 10 bulan lalu saya dapat di hutan saat sedang berburu, waktu itu masih kecil seperti angsa, kalau makannya kalau gak ikan ya daging tupai,” terang B-A.

Kasus ini tengah ditindaklanjuti Unit Tipidter Satreskrim Polres Seluma, dengan melibatkan saksi ahli dari BKSDA Seksi wilayah II Seluma berkaitan dengan dugaan Tindak Pidana, karena setiap orang dilarang untuk menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup.

Dua ekor bangau tong tong (Leptoptilos javanicus) dititipkan ke BKSDA seksi wilayah II Seluma.

Sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 21 ayat (2), butir a UU Nomor 05 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya.

“Yang bersangkutan kita periksa terlebih dahulu, nanti akan kita datangkan saksi ahli dari BKSDA,” tegas AKP. Margopo SH.

(Hari Adiyono)

Most Popular

To Top