Berantas Korupsi

Hebat, Ada Honorer Punya SK dan Gaji Dobel !

CamkohaNews – Permasalahan honorer di Pemda Provinsi Bengkulu ternyata tidak hanya terkait pungli untuk bisa diterima sebagai tenaga honor. Dari perekapan data yang dilakukan Badan Kepegawaian Daerah, terungkap fakta yang mengejutkan.

BKD Provinsi Bengkulu menemukan ada honorer, yang memiliki dua SK di dua SKPD yang berbeda. Dan dipastikan oknum honorer yang bersangkutan juga menerima gaji ganda.

Honorer yang dimaksud atas nama SN. SN tercatat sebagai tenaga honor di Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu, sekaligus tenaga honor di Badan Diklat Provinsi Bengkulu.

Pada SK yang ditandatangani bermaterai, SN bertugas sebagai tenaga kebersihan di Badan Diklat. Sedangkan di Dinas Pekerjaan Umum, SN ditugaskan sebagai tenaga administrasi.

Sebagai tenaga kebersihan di Badan Diklat, SN bertugas membersihkan ruang Kepala Badan, teras, tangga, serta WC di ruang Kepala Badan, termasuk mematikan lampu yang menyala. SN mulai bekerja pukul 06.30 WIB hingga 15.30 WIB setiap hari.

Sedangkan di Dinas Pekerjaan Umum, SN berkewajiban menyiapkan absensi, menganggendakan surat masuk dan keluar, serta menyiapkan segala sesuatu di ruangan Kepala Balai Pengujian Bidang Konstruksi dan Bangunan.

Dari temuan ini, BKD Provinsi meminta yang bersangkutan memilih salah satu SKPD untuk sebagai honorer, karena tidak mungkin menerima gaji dari 2 SKPD berbeda.

BKD menduga, masih ada data lain yang ganda di Dinas PU dengan SKPD lainnya, karena hingga saat ini data honorer dari Dinas Pekerjaan Umum belum seluruhnya terkumpul.

Temuan honorer SK ganda ini setelah BKD mendapati nama yang persis sama di dua SK berbeda, termasuk tempat dan tanggal lahir, alamat hingga tanda tangan yang bersangkutan.

Sementara itu, Satpol PP Provinsi menepati janjinya dengan menyerahkan data honorer pada 3 mei. Ada 280 nama honorer Satpol PP yang diserahkan. Meski demikian masih ada 88 nama honorer lainnya yang belum diserahkan.

(Muhammad Helmy)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top