Kota Bengkulu

Hasil Lab, Sungai Jenggalu Positif Tercemar

CamkohaNews – Hasil pemeriksaan Laboratorium yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu sekitar 3 pekan  lalu, menyatakan air yang berada di aliran Sungai Jenggalu positif tercemar. Hal ini disampaikan Kadis Lingkungan Hidup Kota Bengkulu, Syarnubi, kamis pagi (2/8).

Dalam hasil uji lab Air Sungai Jenggalu terkandung Phospat yang melebihu kadar baku ditetapkan. Limbah phospat biasa ditimbulkan dari deterjen ataupun pupuk.

Diduga limbah berasal dari aktivitas usaha dan perumahan yang berada di sepanjang aliran sungai.

Limbah phospat yang melebihi kadar tersebut akan menimbulkan bau jika tidak ditanggani, kendati demikian limbah ini tidak membuat habitat ikan mati justru mempercepat kehidupan eceng gondok.

Kadis Lingkungan Hidup Kota Bengkulu, Syarnubi.

Menyikapi keberadaan limbah ini Dinas Lingkungan hidup Kota Bengkulu akan menyurati seluruh pelaku usaha di kawasan sepanjang sungai, untuk membuat penyaluran limbah sesuai ketentuan.

Jika masih ada pemilik usaha yang membandel, Dinas Lingkungan Hidup Kota tak segan menjatuhkan sanksi berupa pencahmbutan izin usaha. Selain itu menurut ketentuan uu pelaku pencemaran lingkungan melalui aktivitas limbah juga dapat terancam sanksi pidana.

Verdi Dwiansyah

Most Popular

To Top