Berantas Korupsi

Hakim Suryana Divonis 7 Tahun Penjara

Mantan Hakim Suryana dan Hendra Kurniawan saat mendengarkan vonis dari PN Tipikor Bengkulu.

CamkohaNews – Suryana, mantan Hakim Tipiikor PN Bengkulu dan Hendra Kurniawan selaku Panitera divonis majelis hakim PN Tipikor Bengkulu dengan hukuman berbeda.

Keduanya disidang karena terlibat kasus suap terhadap hakim untuk meringankan hukuman narapidana Wilson.

Dari fakta-fakta dipersidangan yang di telah digelar selama ini dengan menghadirkan beberapa saksi san bukti, maka terdakwa Suryana divonis hukuman  7 tahun penjara.

Sedangkan Hendra Kurniawan dijatuhkan hukuman 5 tahun 6 bulan penjara dengan masing -masing membayar denda Rp 200 juta subsider 4 bulan.

Kedua orang terdakwa ini terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi pasal  12 huruf C  junto pasal 55 ayat 1 ke 1 Undang – undang tindak pidana korupsi.

Diberikannya hukuman selama 7  tahun penjara  terhadap Suryana ini, lantaran dirinya merupakan hakim anggota Pengadilan Negeri Bengkulu yang tidak membantu tugas negara dalam memberantas tindak pidana korupsi.

Selain itu dengan perbutan terdakwa tersebut telah mencoreng nama baik institusi Pengadilan Negeri Bengkulu serta merendahkan citra seorang hakim.

Suryana awalnya dituntut JPU KPK dengan Hukuman 10 tahun penjara dan Hendra dituntut hukuman 5 tahun.

Dihadapan majelis hakim yang diketuai oleh Admiral, kedua terdakwa mengaku menerima putusan dan tidak akan mengajukan upaya banding.

(Agus Faizar)

Berita Terkini

To Top