Berita Utama

Eksotika Kain Besurek di SMESCO & Hari Batik Nasional

(foto: Plt Gubernur Bengkulu)

CamkohaNews – Pemda provinsi Bengkulu terus menggalakkan promosi Batik Kain Besurek di kancah nasional, demi memuluskan target Visit Wonderfull Bengkulu 2020.

Kali ini Tim Dekrenasda Provinsi Bengkulu, hadir di dua ajang besar berskala nasional sekaligus dengan membawa pesona Kain Besurek Bengkulu.

Event pertama adalah gelaran SMESCO Dekranas di Kementerian Perindustrian, lalu Hari Batik Nasional yang digelar para Pecinta Batik Nusantara di Mall Kokas (Kota Kasablanka).

Rombongan yang dibawa langsung Ketua Dekranasda Provinsi Bengkulu, Derta Wahyulin Rohidin Mersyah dan Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, langsung menggebrak dengan pesona Kain Besurek melalui peragaan busana di SMESCO.

Dekranasda Bengkulu menggandeng salah satu desainer asal Bengkulu yang sudah eksis di panggung nasional, yakni Mulyadi Saidul Amri atau Adi Mulyadi  atau yang biasa dikenal dengan brand “Baes”.

Ketua Dekranasda Provinsi Bengkulu, Derta Wahyulin Rohidin Mersyah berpose bersama seusai peragaan Busana Kain Besurek. (foto: Plt Gubernur Bengkulu)

Ajang kedua lebih seru lagi, karena Batik Kain Besurek menjadi tema utama kegiatan Pemilihan Putra dan Putri Batik Nusantara, yakni Eksotika Kain Besurek Bengkulu.

“Itu kegiatan di Mall Kokas dalam rangka Hari Batik Nasional oleh Pecinta Batik Nusantara, yang dirangkai dengan Pemilihan Putra dan Putri Batik Nusantara, temanya Eksotika Kain Besurek Bengkulu, jam 16 (4 sore_red) ini dibuka,” jelas Plt Gubernur Rohidin Mersyah melalui pesan whatsapp-nya.

Puncak kegiatan sendiri akan digelar di Kementerian Pariwisata RI pada tanggal 7 Oktober mendatang.

Desainer ternama Indonesia asal Curup – Bengkulu, Mulyadi Saidul Amri atau Adi Mulyadi atau yang biasa dikenal dengan brand “Baes” bersama busana-busana Kain Besurek rancangannya. (foto: Plt Gubernur Bengkulu)

“Kain besurek adalah batik yang punya kekuatan cerita dan pesan serta etnik, itu menurut para pecinta batik.” Pungkas Plt Gubernur yang sebentar lagi akan didefinitifkan sebagai Gubernur Bengkulu yang ke-10 ini.

Selain pemilihan Putra dan Putri Batik Nusantara, juga ada dua perlombaan lain yang digelar dengan tema masih tentang Eksotika Kain Besurek Bengkulu. Kedua perlombaan tersebut adalah Lomba Desain Batik untuk anak muda, lalu Lomba Membatik dan Mewarnai. (Prio Susanto)

Most Popular

To Top