Kota Bengkulu

Disnaker Kota Akan Datangi Semua Perusahaan

CamkohaNews – Menindak lanjuti kurangnya laporan wajib perusahaan yang ada di Kota Bengkulu, Kamis (9/11) siang Dinas Tenaga Kerja Kota Bengkulu, mulai melakukan pendataan dan memeriksa beberapa kelengkapan dokumen pekerja.

Kali ini perusahaan yang dilakukan pemeriksaan terkait dengan dokumen yakni, PT Sinohydro di sekitar lokasi pembangunan PLTU Pulau Baii.

Hasilnya diketahui jika perusahaan ini masih dalam tahapn kelengkapan beberapa perizinan, sehingga Dinas Tenaga Kerja kota Bengkulu meminta agar segera dilakukan penyelesaiaannya.

Pemeriksaan  akan dilakukan hingga 20 desember 2017, kepala dinas ketenagakerjaan kota Bengkulu Munarwan Saful menegaskan, bahwa dari data ril per April 2017 berdasarkan data wajib lapor perusahaan.

Jumlah perusahaan di atas 10 pekerja sebanyak 568 Perusahaan dengan tmienaga kerja sejumlah 20.321 orang, dengan rasio laki-laki perempuan adalah 3 : 1.

Sementara untuk jumlah perusahaan di bawah 10 pekerja sebanyak 519 Perusahaan dengan jml tenaga kerja sebanyak 2820 orang, dan rasio laki-laki dan perempuan adalah 2 : 1.

Sehingga beberapa laporan terkait dengan dokumen perusahaan harus dilakukan pengecekan secara berkala.

“Kita himbau untuk perusahaan, agar seluruh dokumen wajib lapor ketenagakerjaan,pkwt (kontrak kerja) aturan perusahaan tentang hak pekerja, dan adanya lembaga kerja sama bepartied, izin mempekerjakan tenaga kerja asing, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan struktur skala upah,”  kata Kadinasker Kota Bengkulu, Munarwan.

Anggi Noverdo

Berita Terkini

To Top