Bengkulu Selatan

Coba Terjang Ombak, 2 Kapal Nelayan Manna Karam

CamkohaNews – Dalam waktu yang bersamaan, sekitar pukul 05:30 WIB, dua unit kapal milik nelayan di pasar bawah karam di kawasan Pantai Pasar Bawah, lantaran nekat melaut dengan kondisi ombak yang tengah tak bersahabat.

Kedua kapal yang karam tersebut diketahui milik, Erwan Alias pak Nanik 58 Tahun, warga Jalan Let. Jahidin (Sudut lupis ) kelurhan Pasar Bawah, Kecamatan Pasar Manna, dan Nanster, warga Pasar Bawah, Kecamatan Pasar Manna, Kabupaten Bengkulu selatan.

Kapal yang karam ini juga membawa masing – masing 3 dan 2 abk, yang bernama Samsu, Ical, dan Yayan, ketiganya juga merupakan warga Pasar Bawah.

Kronologis karamnya kapal ini berawal dari niatan pemilik kapal untuk melaut, dan tidak menghiraukan kondisi ombak yang sudah sejak satu minggu terakhir mencapai 3 hingga 5 meter.

Namun belum sempat kedua kapal ini sampai ke tengah lautan, naas, karena ombak yang tinggi sehingga membuat lambung kedua kapal penuh terisi air.

Beruntung saat peristiwa ini, kelima korban berhasil menyelamatkan diri, dengan cara melompat dari kapal dan berusaha untuk berenang ke tepi pantai, yang berjarak 200 meter.

Salah seorang nelayan yang selamat, Samsu menuturkan bahwa kondisi laut sudah satu minggu terakhir dalam keadaan tidak stabil.

“Tadi jam setengah 6 kita berangkatnya, baru sekitar 10 menit melaut, ombak terus menghantam, karamlah kita,” katanya.

Sedangkan, dalam proses evakuasi kedua kapal ini, juga dibackup oleh anggota sabhara polres Bengkulu selatan, dengan mendatangi lokasi dan berusaha melakukan penarikan kapal ke tepi.

“ Kita sama – sama warga tadi narik ini kapal, tidak ada korban jiwa disni, namun kerugian materil saja,” ungkap Kanit Patroli Sabhara Polres Bengkulu Selatan, Bripka Mudian Hidayat.

Anggi Noverdo.

Most Popular

To Top